Sukses

BPBD Bekasi: Ada 13 Titik Banjir, 4.958 Jiwa Terdampak

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mencatat ada 13 titik banjir yang menggenangi wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis 17 Februari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mencatat ada 13 titik banjir yang menggenangi wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis 17 Februari 2022. Titik banjir tersebar di delapan kelurahan di empat kecamatan.

Banjir disebabkan luapan air Kali Bekasi yang terus meningkat akibat hujan deras yang mengguyur sejak Rabu 16 Februari 2022 malam. Mayoritas banjir terjadi di permukiman warga yang tinggal di sekitar bantaran kali.

"Ada 13 titik yang dicatat BPBD Kota Bekasi yang berada di delapan kelurahan di empat kecamatan di Kota Bekasi yang terendam akibat naiknya aliran air dari Kali Bekasi," kata Kepala BPBD Kota Bekasi Enung Nurcholis, dalam keterangan tertulis nya, Jumat (18/2/2022).

Menurut dia, perkiraan akan terjadinya banjir diketahui Rabu malam sekira pukul 19.00 WIB, saat tinggi muka air dari hulu Cileungsi, sudah naik. Diperkirakan air kiriman dari hulu sampai ke Kali Bekasi sekitar 3-4 jam.

"Sehingga pada pukul 12.00 WIB, air sudah mencapai ketinggian 735 cm ketinggian muka air sungai, sehingga air meluap dan memasuki sejumlah kawasan perumahan yang berada di bantaran kali," ujar Enung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warga Mengungsi

Pihaknya mencatat, 1.237 kepala keluarga (KK) terdampak banjir, dengan total keseluruhan berjumlah 4.958 jiwa. Beberapa di antaranya memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk menghindari banjir.

"Para pengungsi yang berhasil dicatat pihak BPBD Kota Bekasi juga ada di dua tempat, yaitu Musala Jamaitul Khoir Kampung Lebak, Teluk Pucung, Bekasi Utara ada sebanyak 50 jiwa dan di Gudang BNPB Jati Rasa, Jatiasih, Bekasi, ada sebanyak 79 jiwa," ungkap Enung.

3 dari 4 halaman

Banjir Surut, Warga Bersihkan Lumpur

Enung mengatakan, saat ini genangan air khususnya di wilayah perumahan sudah surut total. Warga pun masih disibukkan dengan kegiatan bersih-bersih material lumpur dan sampah sisa banjir.

Bantuan pembersihan pasca-banjir juga melibatkan aktivis kemanusiaan dari perangkat daerah, seperti Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas BMSDA, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD Kota Bekasi, TNI dan Polri serta PMI Kota Bekasi.

"Juga ada penggiat sosial dari beberapa komunitas lain untuk pengerukan lumpur efek dari banjir tersebut," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Wilayah Terdampak Banjir

Berikut delapan kelurahan di empat kecamatan di Kota Bekasi yang terdampak banjir:

1. Kelurahan Jatirasa, Jatiasih

2. Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Timur

3. Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur

4. Kelurahan Duren Jaya, Bekasi Timur

5. Kelurahan Teluk Pucung, Bekasi Utara

6. Kelurahan Margamulya, Bekasi Utara

7. Kelurahan Jakasetia, Bekasi Selatan

8. Kelurahan Marga Jaya, Bekasi Selatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.