Sukses

Anies Sebut Keterisian RS di Jakarta 60 Persen, Tapi Didominasi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga Jakarta yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala melakukan isolasi mandiri.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga Jakarta yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala melakukan isolasi mandiri. 

Sebab, fasilitas kesehatan diprioritaskan untuk pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat serta pasien non Covid-19 dengan kondisi serius.

Saat ini, kata Anies sebagian besar keterisian tempat tidur rumah sakit adalah pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan. 

"Tidak perlu panik, keterisian rumah sakit di Jakarta ini 60 persen, tapi dari 60 persen itu sesungguhnya yang berat dan sedang itu jumlahnya 12 persen," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (7/2/2022).

Dia mengatakan, bahwa seharusnya 48 persen pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala tidak perlu mendapatkan rawat inap di rumah sakit. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai Layanan Isolasi Terpusat

Apabila kediaman tidak memadai untuk isolasi mandiri, pasien segera meminta layanan isolasi terpusat kepada Satgas Covid-19 tingkat RT RW.

"Supaya warga yang membutuhkan untuk penyakit-penyakit lain tetap bisa tertangani, karena kita ingin agar yang benar-benar di rumah sakit adalah pelayanan yang sedang serius dan berat," jelasnya.

Dia pun meminta agar aktivitas masyarakat non esensial memanfaatkan layanan daring, seiring peningkatan PPKM di Jakarta dari level 2 ke level 3.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Isoman