Sukses

Cerita Risma tentang Sosok Megawati yang Hari Ini Merayakan HUT ke-75

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkap sosok Ketua PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di matanya. Dia menilai Megawati merupakan sosok yang selalu konsisten dalam mengambil setiap keputusan, apa pun risikonya.

Hal ini disampaikan Risma dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Ketua Umum PDIP sekaligus Presiden ke-5 RI Megawati, Minggu (23/1/2022). Adapun PDIP dan kadernya merayakan ulang tahun Megawati dengan cara menanam mangrove di Bali.

"Yang pertama soal konsistensi. Apa pun risikonya, jika sudah mengambil keputusan itu dipegang," kata Risma menceritakan sosok Megawati, sebagaimana dikutip dari siaran persnya, Minggu.

Ketua DPP PDI Perjuangan itu juga mengatakan Megawati adalah sosok yang sangat detail. Risma mengaku Megawati pernah mengingatkan dirinya jika ingin bertolak ke Indonesia Timur untuk selalu mempersiapkan barang-barang keperluan untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Menurut dia, hal ini membuatnya selalu detail dalam berbicara dan menerapkan kebijakan. Misalnya, memastikan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat betul-betul tersalurkan kepada yang membutuhkan.

"Pelajaran itu mengajarkan kepada saya, untuk saya selalu berbicara detail dalam setiap langkah. Tidak bisa kemudian, setelah misalkan ada kebijakan/policy, kenapa saya kemudian memantau penyaluran," jelasnya.

"Kalau saya memantau bansos, itu tidak bisa tanpa melakukan pengawasan, apakah itu benar-benar terealisasi ke bawah, itu benar-benar yang harus kita kontrol," sambung Risma.

Selain itu, kata dia, Megawati selalu berpesan untuk selalu menjaga persatuan kesatuan, serta gotong-royong. Risma pun selalu menyampaikan pesan tersebut kepada jajaran dan masyarakat.

"Yang ketiga Ibu Ketua Umum selalu menekankan persatuan, kesatuan dan gotong royong itu yang utama. Saya pikir, saya selalu sampaikan ke seluruh staf dan warga," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Menyempatkan untuk Berdiskusi

Risma menyampaikan dirinya banyak belajar terhadap sosok Megawati. Bahkan, setiap ada kesempatan selalu berusaha menyempatkan untuk berdiskusi dengan putri sang proklamator Bung Karno itu.

Disisi lain, Risma menjelaskan acara penanaman pohon mangrove merupakan salah satu amanat Megawati untuk merawat bumi. Dengan begitu, masyarakat Indonesia dapat menikmati alam yang terawat.

"Sehingga masyarakat bisa menikmati kenyamanan karena kondisi bumi ini terawat," ucap Risma.