Sukses

6 Kabar Terkini Kondisi Kesehatan Haji Lulung Usai Dikabarkan Serangan Jantung

Ketua DPD PPP DKI Jakarta Abraham Lunggana dikabarkan mendapat serangan jantung berulang dan dirawat di ICVCU (Intensive Cardiovascular Care Unit).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPD PPP DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung dikabarkan mendapat serangan jantung berulang dan dirawat di ICVCU (Intensive Cardiovascular Care Unit).

Kabar tersebut disampaikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas lewat akun instgram miliknya @zul.hasan.

"Hari ini saya menjenguk sahabat dan saudara kita semua, Haji Lulung. Beberapa hari lalu beliau dikabarkan mendapat serangan jantung berulang dan dirawat di ICVCU (Intensive Cardiovascular Care Unit) RS Harapan kita dan tak sadarkan diri," tulis Zulhas, Kamis 2 Desember 2021.

Sementara itu, disampaikan Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Guruh Tirta Lunggana, kondisi kesehatan Haji Lulung berangsur membaik.

"Berkat ikhtiar tim medis dan doa dari para ulama, habaib dan rekan-rekan semua Alhamdulillahirabbil alamin, kondisi beliau berangsur pulih," kata Guruh lewat keterangan tulis, Sabtu (4/12/2021).

Berikut 6 kabar terkini terkait kondisi kesehatan Ketua DPD PPP DKI Jakarta Abraham Lunggana atau Haji Lulung dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Dikabarkan Ketua Umum PAN

Ketua DPD PPP DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Lulung dikabarkan mendapat serangan jantung berulang dan dirawat di ICVCU (Intensive Cardiovascular Care Unit). Saat ini kondisi Lulung sedang tidak sadarkan diri.

Kabar tersebut disampaikan Ketum PAN Zulkifli Hasan lewat akun instgram miliknya @zul.hasan.

"Hari ini saya menjenguk sahabat dan saudara kita semua, Haji Lulung. Beberapa hari lalu beliau dikabarkan mendapat serangan jantung berulang dan dirawat di ICVCU (Intensive Cardiovascular Care Unit) RS Harapan kita dan tak sadarkan diri," tulis Zulhas, Kamis 2 Desember 2021.

3 dari 7 halaman

2. Mulai Siuman

Zulhas menyebut kini keadaan Lulung mulai siuman. Ia mengaku meski Lulung telah keluar dari PAN, Zulhas memastikan silahturahmi denga Lulung tetap baik.

"Alhamdulillah tadi saat saya dan Ketua DPW PAN DKI Eko Patrio menjenguk, Haji Lulung mulai siuman. Kita doakan segera sembuh dan pulih kembali. Saya katakan tadi kepada beliau: Persaudaraan harus selalu di atas politik," ucap dia.

 

4 dari 7 halaman

3. Doakan Lulung

Selain itu, Zulhas juga mendoakan agar Lulung busa segera sembuh dan bangkit kembali.

"Saya mendokan yang terbaik agar Haji Lulung segera sembuh dan diangkat sakitnya oleh Allah SWT. Seluruh keluarga besar PAN mendoakan yang terbaik untuk kesembuhan Haji Lulung," pungkas dia.

 

5 dari 7 halaman

4. Kondisi Berangsur Membaik

Kini kondisi kesehatan mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Haji Lulung berangsur membaik. Kabar terkini Haji Lulung itu diungkapkan Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Guruh Tirta Lunggana.

"Berkat ikhtiar tim medis dan doa dari para ulama, habaib dan rekan-rekan semua Alhamdulillahirabbil alamin, kondisi beliau berangsur pulih," kata Guruh lewat keterangan tulis, Sabtu (4/12/2021).

 

6 dari 7 halaman

5. Masih Jalani Perawatan Intensif

Guruh mengatakan, saat ini Haji Lulung masih dalam penanganan intensif oleh tim dokter Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta.

"Menurut arahan tim medis, Haji Lulung masih harus istirahat penuh dan belum bisa diganggu agar proses pemulihan berjalan lancar," kata dia.

Tak lupa, Guruh pun meminta doa kesembuhan bagi Haji Lulung.

 

7 dari 7 halaman

6. Penjelasan RS Harapan Kita soal Kondisi Haji Lulung

Kepala Bidang Pelayanan Medik RS Harapan Kita Isman Firdaus menjelaskan soal kabar bahwa Abraham Lunggana alias Haji Lulung 'dibuat koma' menyusul serangan jantung berulang yang dia alami. Yang dilakukan RS yakni memberikan obat-obatan agar bisa beristirahat.

"Bukan dibuat koma, tapi diberikan obat-obat untuk ditidurkan, obat penenang. Bukan obat koma tapi penenang supaya lebih nyaman beliaunya," ujar dia, saat dihubungi Jumat malam 3 Desember 2021.

Menurut Isman, Haji Lulung saat ini masih pemantauan tim dokter. Lantaran kondisinya yang belum stabil. Kondisi kesadarannya memang menurun.

"Hasil serangan jantung berulang, sedang ada, masih belum stabil, masih dalam kondisi tidak stabil dan pemantauan tim kita," ungkap dia.

Ketika datang ke RS, keluhan yang disampaikan memang berupa rasa tidak nyaman dan sesak di dada.

"Karena ya serangan jantung, dan kemudian tetap kita rawat dan mengalami perburukan. Itu saja," terang Isman.

Ketika ditanyakan apakah Haji Lulung sudah siuman, dia menyampaikan bahwa saat ini yang bersangkutan masih berada dalam pengaruh obat-obatan.

"Yang jelas masih dalam pengaruh obat-obatan yang kita berikan, untuk supaya lebih tenang," tutup Isman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.