Sukses

5 Pernyataan Terkini Anies soal Penyelenggaraan Balap Formula E

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menyampaikan sejumlah perkembangan terkini soal ajang balap mobil listrik atau Formula E di Ibu Kota.

Salah satunya terkait venue atau tempat pelaksanaan Formula E. Anies menegaskan, penentuan venue tidak diputuskan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hal tersebut sekaligus menampik pernyataan Co-Founder Formula E, Alberto Longo yang mengatakan bahwa venue balap mobil listrik di Jakarta itu akan ditentukan oleh Presiden Jokowi. Keputusan itu akan diumumkan sebelum Natal 2021.

"Enggak ada. Loh masa lokasi presiden. Ya enggak lah. Lokasi kok masa urusan presiden," kata Anies di Jakarta, Kamis 25 November 2021.

Selain itu, Anies menyebut, dirinya menunjuk Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) Ahmad Sahroni sebagai ketua pelaksana Formula E atau Jakarta E-Prix.

Berikut 5 pernyataan terkini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait ajang balap mobil listrik atau Formula E di Ibu Kota dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 7 halaman

1. Tegaskan Keputusan soal Venue Bukan Urusan Presiden

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa penentuan venue untuk ajang balap mobil listrik atau Formula E di Ibu Kota tidak diputuskan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hal itu sekaligus menampik pernyataan Co-Founder Formula E, Alberto Longo yang mengatakan bahwa venue balap mobil listrik di Jakarta itu akan ditentukan oleh Presiden Jokowi.

"Enggak ada. Loh masa lokasi presiden. Ya enggak lah. Lokasi kok masa urusan presiden," kata Anies di Jakarta, Kamis 25 November 2021.

 

3 dari 7 halaman

2. Akan Diputuskan Sebelum Libur Natal

Keputusan terkait venue Formula E menurut Anies, akan diumumkan sebelum Natal 2021. Anies menyampaikan, penentuan venue Formula E di Jakarta dilakukan oleh tiga pihak.

"Ya FEO (Formula E Operations), IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan Jakpro (PT Jakarta Propertindo). Tiga itu," ucap dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, Pemprov DKI tengah meminta IMI untuk meluruskan kabar tentang penentuan venue Formula E akan diputuskan Jokowi.

"Saya tadi sudah minta. Nanti IMI akan melakukan klarifikasi soal ini. Masa soal lokasi ke presiden," ucap Anies Baswedan.

 

4 dari 7 halaman

3. Tunjuk Politikus Nasdem Jadi Ketua Pelaksana Formula E

Anies melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menunjuk Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ahmad Sahroni sebagai ketua pelaksana event balap mobil listrik internasional Formula E atau Jakarta E-Prix.

Dalam pelaksanaannya, Sahroni akan dibantu oleh Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo yang menjadi Ketua Panitia Pengarah Jakarta E-Prix.

Keputusan tersebut diungkapkan Gubernur Anies setelah pertemuan antara Co-founder Formula E Alberto Longo, Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto, Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, dan Sekjen IMI Ahmad Sahroni di sebuah rumah makan di daerah Menteng, Rabu 24 November 2021 sebelum IMI, PT Jakpro, dan Formula E Operation (FEO) menyelenggarakan konferensi pers.

Selain Sekjen IMI, Ahmad Sahroni juga menjabat Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi Partai Nasdem.

 

5 dari 7 halaman

4. Sebut Semua Persiapan Berjalan Baik

Dalam pertemuan tersebut juga, kata Anies, membahas perkembangan event yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Jakpro ini.

Dia mengatakan, persiapan untuk event internasional yang akan digelar 4 Juni 2022 tersebut berjalan dengan baik.

"Kami ingin menyampaikan bahwa Alhamdulillah persiapan pelaksanaan Formula E pada tgl 4 Juni 2022 Insya Allah berjalan dengan baik, Barusan bersama kita di sini Alberto Longo pimpinan Formula E, Pak Bambang Soesatyo ketua IMI, Bapak Sahroni Sekjen IMI, dan Pak Widi Dirut Jakpro," ungkap Anies.

Anies juga mengungkapkan bahwa kegiatan Formula E pada tahun depan mengadopsi skema kolaborasi. Sehingga Jakpro akan berkolaborasi dengan IMI dalam mengorganisir event tersebut.

"Jadi Kegiatan Formula E nanti akan diselenggarakan sebagai sebuah kolaborasi. Akan ada Steering Committee yang dipimpin langsung Pak Bambang Soesatyo Ketua IMI, lalu Organizing Committee yang dipimpin Pak Sahroni, dan Operasional Pelaksanaan akan dikerjakan Jakpro," papar Anies.

 

6 dari 7 halaman

5. Harapkan Semua Berjalan Baik

Dengan skema kolaborasi tersebut, Anies berharap bahwa event Formula E akan berjalan sukses dan lancar.

Terlebih IMI telah berpengalaman dalam menyelenggarakan event balapan, baik itu roda dua, roda empat, maupun yang lainnya.

"Jadi ini adalah sebuah kegiatan kita bersama-sama melakukan kolaborasi dan di bawah arahan yang disiapkan Pak Bambang dan seluruh jajaran IMI, lalu kerja sama dengan Formula E Operation (FEO), Kami percaya dengan penyelenggaraan sebagai sebuah kolaborasi insya Allah berjalan dengan baik," terang Anies.

"Kita berharap ini akan jadi event yang kita bisa kirimkan pesan kepada dunia bahwa Indonesia bangkit dan siap menjadi bagian dari dunia global dan kita setara dengan negara lainnya," jelas Anies.

7 dari 7 halaman

Sirkuit Formula E Dilarang di Monas