Sukses

Tingkatkan Kapasitas Kemampuan, TP PKK Gelar Pelatihan untuk Kader di Mimika

TP PKK memberikan pelatihan perawatan anak dan lansia karena permintaan untuk merawat bayi dan lansia sangat luar biasa banyak di Indonesia.

 

Liputan6.com, Jakarta Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat menggelar pelatihan cara merawat anak dan lansia, serta membuat olahan roti. Kegiatan ini masing-masing diikuti oleh 60 kader yang berasal dari berbagai distrik di Kabupaten Mimika, dalam rangka meningkatkan kapasitas kemampuan dan keterampilan para kader di wilayah Timika, Papua.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian.

"Kami memberikan pelatihan perawatan anak dan lansia karena permintaan untuk merawat bayi dan lansia sangat luar biasa banyak di Indonesia," ujar Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian dalam kunjungan kerjanya di Timika, Papua, Selasa (23/11).

Tri menjelaskan, saat ini tak sedikit ibu rumah tangga yang membutuhkan tenaga untuk merawat bayi. Tak hanya itu, di tengah perkembangan zaman, ada pula keluarga yang membutuhkan tenaga terampil untuk merawat lansia. Karena itu, ujar Tri, dengan mengikuti pelatihan ini, ibu-ibu di Papua diharapkan tidak hanya bisa bekerja di daerahnya, tetapi juga berpeluang kerja di luar daerah.

Selain mengajarkan cara merawat bayi dan lansia, TP PKK juga membekali para peserta dengan keahlian membuat roti. Bekal ini diberikan, agar para kader bisa memiliki keterampilan dan keahlian dalam berwirausaha. Dalam kesempatan itu, peserta diajarkan cara membuat berbagai roti manis, roti tawar, donat, dan lain-lain.

 

"Oleh karena di lingkungan kita ada kantor, ada sekolah dan lainnya. Mungkin bisa membuat roti lalu titip di kios atau lainnya, sehingga ada jiwa kewirausahaan. Itu tujuan kita untuk menumbuhkan kewirausahaan," katanya.

Melalui pelatihan ini, Tri berharap, para peserta nantinya dapat bekerja sebagai perawat dan memiliki usaha rumahan. Dengan begitu, mereka bisa membantu perekonomian keluarga agar semakin baik dan mandiri.

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari dari 23-24 November 2021 di salah satu hotel di Timika. Turut hadir dalam acara pembukaan Ketua TP PKK Provinsi Papua Yulce Enembe, Ketua TP PKK Kabupaten Mimika Kalina Omaleng, Staf Ahli TP PKK Pusat, dan para pengurus TP PKK Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika.

Setelah membuka pelatihan tersebut, Ketua Umum TP PKK, yang notabene anggota pengurus OASE Kabinet Indonesia Maju, melanjutkan kunjungan kerjanya ke Taman Baca Kemala Somatua, Taman Baca Anak di Distrik Kwamki Karama, halaman gereja Kwamki Baru, dan Kantor Distrik Mimika Timur.

Pada kesempatan ini diberikan pula bantuan 600 paket sembako dan makanan sehat dari OASE Kabinet Indonesia Maju, serta buku bacaan, dan paket buku mewarnai lengkap dengan pensil warna. Seluruh kegiatan pelatihan dan pemberian bantuan ini dilakukan sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan. Sebelum acara dimulai, para peserta mengikuti tes swab antigen lebih dulu.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.