Sukses

Angkasa Pura Dorong Percepatan Penanganan Covid-19 dengan Membantu Pengiriman Material Rumah Sakit di Papua

PT Angkasa Pura Membantu Pengiriman Material Rumah Sakit di Papua

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura Logistik (APLog), subsidiari PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan pengiriman bahan material dan peralatan untuk pembangunan RS Darurat Covid-19 Merauke, dari Jakarta dan Surabaya tujuan Merauke pada 9 September – 24 September 2021.

Pengiriman barang tersebut merupakan bentuk kerjasama antara APLog dengan PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk sebagai perusahaan BUMN dalam rangka peningkatan fasilitas dan infrastruktur kesehatan di tanah Papua.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat, tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) rumah sakit (RS) rujukan penanganan virus corona Covid-19 semakin menurun. Dalam skala nasional, rata-rata BOR RS sebesar 8% per Senin, 27 September 2021. Papua menjadi provinsi yang memiliki BOR RS tertinggi, yakni 21%. Meski demikian, persentasenya sudah berada di bawah standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 60%.

Hal ini menjadi perhatian pemerintah untuk terus meningkatkan fasilitas kesehatan dan kelengkapan rumah sakit darurat di beberapa kota di Papua terutama dalam hal akomodasi dan kelengkapan material untuk pembangunan rumah sakit darurat lainnya di Tanah Papua tersebut. Pengiriman material tersebut dilaksanakan mulai tanggal 9 September 2021 yang dikirimkan melalui pesawat Boeing 737 dengan muatan sekitar 200 ton dengan 17x penerbangan, 8x penerbangan dari Surabaya tujuan Merauke dan 9x penerbangan dari Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Merauke.

Selain itu kegiatan pengiriman material tersebut dapat berjalan lancar dan tertib berkat kerjasama antara APLog dengan PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk serta dukungan dari beberapa maskapai Trigana Air Services, Tri-MG Asia Airlines dan PT Jayawijaya Dirgantara Airlines.

“Pertama kami mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang turut berpartisipasi dalam penanganan pengiriman material RS Darurat Covid ke Merauke ini, berkat kolaborasi dan koordinasi yang baik sehingga pengiriman tersebut dapat berjalan lancar, semoga dapat membantu pemerintah dan program percepatan infrastruktur kesehatan nasional dalam penanganan Covid-19 khususnya di tanah Papua.” Ujar Troficiendy selaku Direktur Operasi APLog. 

Troficiendy mengatakan, dukungan pengiriman yang dilakukan ini merupakan komitmen dari APLog dalam membantu program percepatan infrastruktur kesehatan dalam penanganan Covid-19.

Pengiriman alat & material yang digunakan untuk kepentingan umum bukan merupakan kali pertama bagi APLog, di mana pada awal September lalu, APLog turut berpartisipasi dalam kegiatan penanganan impor kargo vaksin di Semarang Jawa Tengah. Sebagai perusahaan logistik nasional APLog memiliki komitmen untuk terus hadir dan berpartisipasi serta mendukung kesuksesan program Kesehatan nasional terutama dalam rangka penanganan Pandemi C-19 di seluruh nasional.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini