Sukses

Lantik 258 Perwira Remaja Poltekpel Banten, Kemenhub Sebut Pelaut Punya Peran Penting

Arif Toha Tjahjagama melantik 258 perwira remaja transportasi Program Diklat Pelaut Tingkat III dan Diklat Pelaut Tingkat IV Politeknik Pelayaran Banten.

Liputan6.com, Jakarta Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Arif Toha Tjahjagama melantik 258 perwira remaja transportasi Program Diklat Pelaut Tingkat III dan Diklat Pelaut Tingkat IV Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten, yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat di Auditorium Aldebaran.

Dalam kesempatan itu, dia berharap Poltekpel Banten bisa memperhatikan kelestarian laut saat bertugas.

"Sebagai salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan Pelayaran dapat mencetak SDM Pelaut yang tangguh dan memiliki KSA (Knowledge, Skill, Attitude) yang mumpuni untuk melaksanakan pekerjaan diatas kapal dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan laut," kata Arif dalam keterangannya, Rabu (22/9/2021).

Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan pelaut adalah memegang peranan penting terhadap keberlangsungan kehidupan di bumi ini terlebih lagi saat berhadapan dengan pandemi covid-19.

"Pelaut memiliki peranan penting dan strategis dalam menjaga keseimbangan pergerakan perpindahan orang dan barang serta menjamin komoditas didunia agar tetap berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan," ungkap Arif.

Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan saat ini Pemerintah berfokus memanfaatkan segala potensi sumber daya kelautan dengan pembangunan infrastruktur pelabuhan, transportasi laut, yang diiringi dengan pembangunan industri maritim.

"Saat ini Pemerintah fokus untuk memanfaatkan segala potensi sumber daya kelautan, membangun transportasi laut dan infrastruktur pelabuhan yang disertai dengan pembangunan industri maritim dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia kepelautan dan membangun kekuatan ekonomi masyarakat," kata Arif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kualitas

Arif juga mengingatkan agar Poltekpel Banten untuk meningkatkan kualitas Pendidikan dan pelatihan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk menghasilkan sumber daya manusia transportasi laut yang handal, professional dan berintegritas.

"Untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia transportasi laut yang andal, profesional dan berintegritas untuk mengarungi seluruh lautan baik di Indonesia maupun di luar negeri," kata dia.

Diketahui, 258 lulusan yang dilantik terdiri dari, 111 orang lulusan Diklat Pelaut Tingkat III Program Studi Nautika, 90 orang lulusan Diklat Pelaut Tingkat III Program Studi Teknika, 36 orang lulusan Diklat Pelaut Tingkat IV Program Studi Nautika dan 21 orang lulusan Diklat Pelaut Tingkat IV Program Studi Teknika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.