Sukses

Kronologi Kecelakaan Helikopter di Curug Tangerang

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya telah meminta keterangan dua orang awak helikopter.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengungkapkan kronologi kecelakaan Helikopter milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP). Helikopter tipe Bell 429 PK-CAW terguling di ujung landasan Bandara Budiarto, Curug, Tangerang, Banten hari ini, Senin (13/9/2021).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya telah meminta keterangan dua orang awak helikopter yang selamat. Menurut keterangan, helikopter diduga mengalami gangguan mesin.

"Pada saat cek kalibrasi mesin flight kemudian baru terbang setinggi 100 meter ada trouble mesin sedikit. Ini keterangan awal dua orang yang selamat yakni pilot sama kaptennya," kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (12/9/2021).

Yusri menyebut, saat terjadi kecelakaan helikopter, cuaca sedang kurang mendukung. "Pada saat turun itu angin sangat kencang sehingga terhempas. Itu saja sementara," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Awak Helikopter BBKFP yang Terguling di Curug Tangerang Luka Ringan

Helikopter milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP) mengalami kecelakaan di Bandara Budiarto, Curug, Tangerang, Banten, hari ini, Senin (13/9/2021).

Polisi memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan helikopter tersebut. Namun dua awak pesawat dikabarkan mengalami luka ringan.

"Korban selamat, hanya luka ringan aja. Sementara ditangani oleh unit kesehatan ke Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Senin.

Yusri menyatakan, kepolisian dalam hal ini sifatnya hanya pengamanan. Sementara investigasi kecelakaan helikopter tersebut dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Trasnportasi (KNKT).

"Kita pengamanan, karena sudah ada KNKT yang berwenang menangani," tutur Yusri.

Sebelumnya diberitakan, helikopter tipe Bell 429 PK-CAW milik BBKFP tergelincir hingga terguling di ujung landasan Bandara Budiarto, Curug, Tangerang, Banten.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) aAdita Irawati menerangkan, helikopter milik BBKFP saat itu sedang melakukan kegiatan pelatihan rutin.

Informasi yang diterima Kemenhub, helikopter tergelincir sekitar pukul 10.25 WIB. Adita memastikan, tidak ada korban dalam peristiwa ini.

"Kru penerbangan yang terdiri dari pilot, co pilot, dan teknisi dalam kondisi selamat dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan kesehatan," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (13/9/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.