Sukses

Aktivitas Gunung Lokon Meningkat, PVMBG Minta Masyarakat Jauhi Kawah hingga Radius 1,5 Km

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan aktivitas vulkanik Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan aktivitas vulkanik Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara meningkat. 

"Statusnya masih Tingkat II (waspada) belum ke Tingkat III (siaga). Kami akan terus memantau aktivitasnya apakah terjadi peningkatan gempa signifikan atau tidak," ujar Sub Koordinator Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Devy K Syahbana, Sabtu (21/8/2021).

Untuk itu, dia menyarankan agar masyarakat tak beraktivitas dalam radius 1,5 kilometer dari kawah Tompaluan, Gunung Lokon.

"Untuk menutup aktivitas menuju ke kawah bukan kewenangan kami, tapi Pemerintah Kota Tomohon khususnya BPBD," ujar Devy.

Walaupun berstatus Tingkat II, kata dia, namun tidak menutup kemungkinan terjadinya letusan walaupun diperkirakan dampaknya hanya di sekitar kawah.

"Kegempaannya masih didominasi gempa dangkal dan segi jumlah belum luar biasa," ujar dia seperti dikutip dari Antara.

Kawah Tompaluan, Gunung Lokon saat ini telah menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat lokal maupun mancanegara. Saban hari ada saja masyarakat yang mengunjungi bahkan berkemah di sekitar kawah yang pernah bererupsi hebat pada 24 Oktober 1991.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Gempa

Belakangan ini, terjadi peningkatan gempa dangkal dan embusan di salah satu gunung api aktif Sulawesi Utara itu, selain Gunung Soputan dan Gunung Karangetang.

Selain merekomendasikan tidak ada aktivitas di sekitar kawah, jika terjadi letusan dan hujan abu, masyarakat diimbau tetap berada di dalam rumah dan apabila di luar rumah disarankan menggunakan masker, dan kaca mata.

Selanjutnya, mewaspadai potensi lahar pada sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Lokon terutama musim hujan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.