Sukses

DPRD DKI Dorong Anies Baswedan Lanjutkan Sidak Pelanggaran Prokes PPKM Darurat

Sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta mendukung sidak yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengecek penegakan PPKM Darurat.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta mendukung sidak yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengecek penegakan PPKM Darurat. Salah satunya Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI, William Aditya Sarana.

Dia meminta Anies benar-benar tegas dalam penegakan protokol dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat.

"Jangan sampai kemarahan Pak Anies berhenti sampai aksi teatrikal semata namun harus dilanjutkan oleh tindakan penegakan protokol PPKM Darurat yang nyata kepada pelanggar prokes," kata William dalam keterangan tertulis, Rabu (7/7/2021).

Menurut dia, kemarahan Anies saat sidak ke sejumlah perusahaan merupakan hal yang tepat. Yakni sebagai bentuk ketegasan aturan protokol kesehatan.

"Namun ironisnya pelanggaran protokol kesehatan masih ramai kita lihat. Ini sayang sekali," ucap William.

Oleh karena itu, dia meminta agar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu melakukan koordinasi yang lebih baik untuk penegakan protokol kesehatan.

"Seperti Satpol PP, wali kota sampai lurah untuk terus melakukan penegakkan protokol kesehatan karena Jakarta sekarang di titik nadir kesehatan, ketegasan diperlukan dalam waktu seperti ini," jelas dia.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono juga mendukung langkah Gubernur Anies Baswedan dengan menginspeksi dadakan ke perusahaan selama kebijakan PPKM Darurat. Bahkan, Mujiyono berharap sidak seperti ini perlu dilakukan secara rutin.

"Sudah benar, perlu sidak, lakukan dengan rutin," kata dia.

Politikus Demokrat itu menuturkan langkah tegas seperti ini harus secara konsisten diterapkan di tengah lonjakan kasus positif Covid-19. Sebab, imbuhnya, ia meyakini masih banyak perusahaan nakal melanggar kebijakan 100 bekerja dari rumah.

"Ya, sepertinya masih banyak," ungkapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sidak Anies

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajarannya melakukan sidak di sejumlah perusahaan saat pelaksanaan PPKM darurat.

Hal tersebut seperti yang di unggah dalam akun instagram @aniesbaswedan pada Selasa (6/7/2021). Dia mendatangi Gedung Sahid Sudirman Center, Jakarta Pusat.

Saat di memasuki kantor PT Ray White Indonesia, Anies sempat menanyakan HRD dan manager perusahaan kepada salah satu karyawan yang ada di lokasi.

"Mana HRD nya?" tanya Anies.

Saat bertemu dengan wanita yang diyakini sebagai HRD, Anies meminta agar perusahaan tidak egois. Sebab Pemprov DKI Jakarta setiap harinya terus berupaya menyelamatkan banyak nyawa akibat terpapar Covid-19.

"Ini bukan soal pelanggaran aturan nama ibu siapa? Ibu diana dan perusahaan ibu tidak bertanggung jawab," ucap dia.

"Ini bukan soal untung rugi. Ini soal nyawa. Kita ini mau nyelametin nyawa orang dan orang-orang seperti ibu ini yang egois. Ini pekerja pekerja ikut aja," lanjut Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PPKM Darurat adalah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang hanya diterapkan di wilayah Jawa-Bali.

    PPKM Darurat

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan