Sukses

Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk Jika Kasus Covid-19 Tembus 40.000 Per Hari

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan tak memungkiri, kasus Covid-19 akan terus melonjak bahkan mencapai angka 40.000 kasus per hari.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan tak memungkiri, kasus Covid-19 akan terus melonjak bahkan mencapai angka 40.000 kasus per hari. Kendati begitu, dia memastikan pemerintah telah menyiapkan skenario terburuk apabila sewaktu-waktu kasus Covid-19 menyentuh angka 40.000 per hari.

"Sekarang kami sudah buat skenario gimana kalau kasusnya 40.000. Jadi kita sudah hitung worst case scenario, lebih dari 40.000," kata Luhut soal Covid-19 dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7/2021).

Dia mengatakan berbagai persiapan dilakukan pemerintah yakni, memastikan ketersediaan obat, oksigen, serta kapasitas rumah sakit. Selain itu, Luhut menyampaikan pemerintah telah berkomunikasi dengan negara-negara sahabat jika nantinya memerlukan bantuan.

"Kalau ada yang bilang tadi perlu bantuan dari luar kita juga sudah komunikasi dengan Singapura, kita komunikasi juga dengan Tiongkok, dan komunikasi juga dan sumber-sumber lain. Jadi sebenarnya semua secara komprehensif sudah kita lakukan," jelasnya.

Kemudian, Luhut menuturkan Menteri Kesehatan Budi Gunari Sadikin sudah menyiapkan ICU untuk pasien virus corona dan menyulap Asrama Haji Pondok Gede menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19. Menurut dia, Asrama Haji Pondok Gede dapat difungsikan mulai Kamis depan.

"Itu dalam 2 hari ke depan sudah siap, hari Kamis dan itu akan bisa menampung lebih dari 800 pasien," ujar Luhut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Tolong

Di samping itu, TNI-Polri telah menggelar RS Darurat di DKI Jakarta dan Surabaya. Luhut menegaskan bahwa semua sumber daya akan dikerahkan untuk menghadapi skenario terburuk.

"Kalau kasus ini lebih nanti daripada 40.000 atau 50.000, kita tentu akan membuat skenario. Siapa yang kita akan nanti minta tolong, dan sudah mulai kita approach itu semua," tutur Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19