Sukses

Prajurit TNI Tancap Gas Perbaiki Jalan di Tangerang yang Rusak Selama 22 Tahun

Liputan6.com, Tangerang - Jajaran TNI dari Kodim 0510 /Tigaraksa kebut proses pengecoran jalan di Kampung Daraham RT 05 RW 03, Desa Jambe, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang. Warga setempat pun mengaku bisa bernafas lega.

Pasalnya, jalan rusak di wilayah perbatasan Kabupaten Tangerang ini diakui warga sudah rusak parah selama 22 tahun, kini diperbaiki oleh jajaran TNI dari Kodim 0510/Tigaraksa melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111.

Padahal, jalan tersebut menjadi satu-satunya akses utama bagi warga sekitar.

Tim Pengawas dari Mabesad dan Ditjen Pothan Kemenhan RI Brigjen TNI Darmanto mengatakan, perbaikan jalan di kampung Daraham tersebut merupakan aspirasi masyarakat sekitar yang diwujudkan lewat TMMD ke-111.

“Alhamdulillah memang tujuan utama TMMD itu untuk kesejahteraan masyarakat makanya kita bangun. Apa kira-kira aspirasi masyarakat kita wadahi dan kita wujudkan seperti sekarang ini,” Kata Brigjen TNI Darmanto.

Dia juga menargetkan, perbaikan jalan sepanjang 783 meter itu bisa selesai dalam waktu kurang dari sebulan.

“Target 15 juli 2021 sudah selesai tapi ini mungkin sebelum tanggalnya sudah selesai,”tandasnya.

Sementara, Komandan Kodim 0510/ Tigaraksa Letkol Inf Bangun Siregar menuturkan, dipilihnya desa Jambe sebagai lokasi TMMD ke-111 oleh Kodim 0510 /Tigaraksa dikarenakan wilayah Jambe berdekatan langsung dengan ibu kota Kabupaten Tangerang, yakni Tigaraksa.

Akan tetapi, dengan jumlah penduduknya yang mencapai 6.000 jiwa serta dengan mobilitas warganya yang cukup tinggi, akses jalan utama desa tersebut rusak berat.

“Sehingga atas saran dari banyak pihak termasuk Bupati Tangerang maka kita pilih desa Jambe. Karena memang kalau hujan jalan ini nggak bisa dilewati sehingga menghambat transportasi, ekonomi, dan usaha masyarakat,”katanya.

 

2 dari 3 halaman

Warga Kompak Ikut Bantu

Sementara, melihat anggota TNI yang berjibaku membangun jalan desa, puluhan warga tidak berdiam diri. Mereka kompak membantu memperbaiki jalan sepanjang 785 meter itu.

“Saat ini semangat Kebersamaan yang tercipta di TMMD terus dijaga dan dipelihara dengan baik dimana sekarang setiap melakukan pekerjaan selalu bekerja sama agar pekerjaan yang dilakukan menjadi cepat selesai,” kata Danki Satgas TMMD ke 111, Kapten Arh Edi Suhartono, Minggu (27/6/2021).

Dia mengungkapkan, semangat kerja kebersamaan itu diperlihatkan antara anggota satgas warga, agar menjadi contoh yang baik bagi warga sekitar, bahwa pekerjaan sebesar apa pun itu akan terselesaikan jika dikerjakan secara bersama-sama dengan ikhlas.

“Program TMMD ini, tidak hanya menyelesaikan sasaran fisik dan sasaran nonfisik, untuk membangkitkan kembali semangat kebersamaan antarwarga kampung,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: