Sukses

Firli Bahuri Cs Dikabarkan Tak Akan Penuhi Pemeriksaan Komnas HAM

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan tidak akan memenuhi panggilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada hari ini Selasa (8/6/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan tidak akan memenuhi panggilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada hari ini Selasa (8/6/2021). Pemeriksaan berkaitan dengan dugaan adanya pelanggaran HAM dalam polemik tes wawasan kebangsaan (TWK).

Soal ketidakhadiran Firli Bahuri cs ke Komnas HAM ini sempat dikatakan pegawai KPK Harun Al Rasyid usai menyaksikan film KPK Endgame produksi Watchdoc di Gedung ACLC KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 7 Juni 2021 malam.

"Saya sudah mendengar justru saya agak geram, besok itu katanya pimpinan tidak bisa menghadiri undangan dari Komnas HAM karena ada rapim atau apa itu," ujar Harun, Senin 7 Juni 2021 malam.

Harun menyayangkan pimpinan KPK tak bisa meluangkan waktu menghadiri pemeriksaan Komnas HAM. Padahal, menurut Harun, pemeriksaan yang dilakukan Komnas HAM tak akan berlangsung lama.

"Sebenarnya berapa lama sih Komnas HAM akan minta keterangan, itu enggak lama," kata Harun.

Harun sejatinya berharap pimpinan KPK bisa memberikan contoh yang baik kepada seluruh masyarakat. Apalagi, KPK merupakan lembaga penegak hukum yang kerap meminta seluruh pihak untuk kooperatif terhadap pemanggilan pemeriksaan yang dilayangkan KPK.

"Komnas HAM juga meminta ada kerjasama yang baik dari Pimpinan KPK, BKN dari Kemenpan RB dan pihak-pihak lain yang terkait seleksi TWK ini, agar secepatnya persoalan ini jangan dibiarkan berlarut-larut, polemik ini. Harusnya segera bisa diselesaikan, dicari persoalan yang terbaik tentu penyelesaiannya itu tidak boleh merugikan kami," kata Harun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dugaan Pelanggaran HAM

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan memeriksa pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini, Selasa (8/6/2021). Pemeriksaan berkaitan dengan dugaan pelanggaran HAM dalam polemik tes wawasan kebangsaan (TWK).

"Surat untuk pimpinan KPK hari ini, kita berharap mereka bisa hadir," ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam keterangannya, Selasa (8/6/2021).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.