Sukses

Survei: Sandiaga, Prabowo dan Airlangga Menteri Jokowi Punya Elektabiltas Tinggi

Sandiaga Uno, Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto berada di tiga teratas.

Liputan6.com, Jakarta Survei yang dilakukan lembaga Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) pada 26 April sampai 8 Mei 2021. menempatkan Menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Sandiaga Uno, Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto berada di tiga teratas yang mempunyai elektabilitas tertinggi dan dipercaya masyarakat sebagai Capres 2024.

Selain itu, di peringkat keempat ada nama Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma yang juga ikut membayangi ketiga calon kuat tersebut.

"Sandiaga Uno memperoleh elektabilitas 25,26 persen, Prabowo Subianto 19,17 persen dan Airlangga Hartarto 9,79 persen serta Tri Rismaharini 7,69 persen," kata peneliti ARSC Bagus Balghi seperti dilansir dari Antara, Minggu (23/5/2021).

Adapun survei ini melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi dengan usia terendah 17 tahun atau sudah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Survei dilakukan melalui telepon dengan metode penarikan sampel acak bertingkat dengan batas kesalahan margin of error kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Terkait hasil tersebut, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, Maman Abdurahman mengatakan faktor pandemi Covid-19 memengaruhi penilaian publik terhadap pemilihan figur yang akan menjadi calon pemimpin di masa depan.

Karenanya, publik akan melihat siapa yang benar-benar serius dan mengatasi pandemi Covid-19 serta upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan. Soal nama Airlangga Hartarto, menurutnya sampai sekarang partainya terus melakukan konsolidasi.

"Kami belum bergerak, ibaratnya masih di gigi satu karena kita masih fokus konsolidasi internal partai," kata Maman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penentu

Sementara itu, pengamat politik Airlangga Pribadi mengatakan dalam pemilihan sebelumnya, Partai Golkar kerap menjadi salah satu penentu dalam kontestasi politik.

"Golkar bisa jadi sebagai king maker dalam konteks politik. Ini perlu dipertimbangkan karena masih awal," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.