Sukses

Jelang Idul Fitri, Harga Daging Sapi hingga Jengkol di Depok Naik

Harga ayam potong di Pasar Cisalak dan Pasar Agung, Kota Depok telah mengalami kenaikan sejak awal Ramadan hingga jelang Idul Fitri saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Bahkan, harga ayam potong telah mengalami kenaikan sejak awal Ramadan hingga saat ini, di Pasar Cisalak dan Pasar Agung, Kota Depok.

Ketua Paguyuban Pedagang Daging Pasar Cisalak, Iwan Setiawan mengatakan, menghadapi Idul Fitri harga kebutuhan pokok sudah mengalami kenaikan, salah satunya daging sapi. Saat ini harga daging sapi telah mencapai Rp150 ribu per kilogram.

"Sebelumnya harga daging sapi mencapai Rp110 hingga Rp120 ribu kini menjadi Rp150 ribu per kilogram," ujar Iwan, Senin (10/5/2021).

Iwan menjelaskan, harga tersebut diakibatkan ketersediaan sapi di pemotongan hingga angkutan sapi dari luar Depok menuju Kota Depok. Menurutnya, angkutan yang membawa sapi saat kondisi seperti ini enggan untuk beroperasi, dikarenakan angkutan tersebut tidak ingin mengalami kerugian.

"Biasanya para angkutan sapi setelah mengantar sapi akan membawa angkutan kembali ke daerah asalnya, kalau sekarang tidak," terang Iwan.

Iwan mengungkapkan, atas kondisi tersebut para pembeli sapi akan membayar ongkos angkut sapi lebih mahal. Hal itulah yang memacu harga daging sapi mengalami peningkatan.

"Berharap Pemkot maupun Pemerintah Pusat saat kondisi seperti ini dapat membantu para pedagang dengan menyediakan daging sehingga harga daging sapi tidak mengalami kenaikan," ucap Iwan.

Sementara itu, Kepala UPT Cisalak Pasar, Sutisna mengatakan, kenaikan harga di daging sudah terpantau sejak seminggu yang lalu.

Harga daging sapi yang sebelumnya Rp120 ribu per kilogram terus merangkak naik hingga Rp150 ribu. Selain daging sapi, daging ayam hingga cabai merah juga mengalami hal yang sama.

"Bahkan harga jengkol juga ikutan naik, dari Rp45 ribu mencapai Rp70 ribu per kilogram," terang Sutisna.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasar Agung Depok

Hal yang sama juga terjadi di Pasar Agung, Kecamatan Sukmaja. Di pasar tersebut harga daging sapi mengalami kenaikan mulai hari ini. Harga daging sapi murni mencapai Rp150 ribu per kilogram yang sebelumnya Rp120 ribu per kilogram.

Selain itu, harga cabai merah besar, cabe merah keriting, dan bawang merah mengalami kenaikan.

"Kami memantau di Pasar Agung memang terjadi kenaikan seperti cabai dan bawang," ujar Kepala UPT Pasar Agung, Biher Purba.

Biher menjelaskan, harga bawang merah sebelumnya Rp38 ribu kini menjadi Rp40 ribu per kilogram. Begitupun cabai merah besar sebelumnya Rp55 ribu kini menjadi Rp65 ribu per kilogram, sedangkan cabai merah keriting sebelumnya Rp60 ribu menjadi Rp65 ribu per kilogram.

"Kami akan terus memantau harga kebutuhan pokok hingga pada saat hari raya Idul Fitri nanti," pungkas Biher. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.