Sukses

3 Stasiun MRT Sediakan Fasilitas bagi Pengguna Sepeda Non-Lipat

Pengguna sepeda non-lipat hanya boleh menggunakan Moda Raya Terpadu (MRT) di luar jam sibuk pukul 07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta (Perseroda) menyediakan fasilitas berupa akses bagi pengguna sepeda non-lipat di Stasiun Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Stasiun Bundaran HI.

Setiap stasiun tersebut juga telah disediakan fasilitas parkir sementara di sejumlah titik seperti sekitar mesin penjual tiket (ticket vending machine), toilet, dan musala.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William P Sabandar mengatakan, pengguna sepeda non-lipat hanya boleh menggunakan Moda Raya Terpadu (MRT) di luar jam sibuk pukul 07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB.

"Pengguna sepeda non-lipat hanya bisa menggunakan kereta nomor enam di setiap rangkaian, serta maksimal empat sepeda per keberangkatan," ujarnya, Rabu (24/3/2021).

William menjelaskan, saat ini juga telah disediakan jalur sepeda yang terletak pada tangga stasiun serta ada stiker tanda pada stasiun dan kereta demi menunjang kenyamanan penumpang dalam menggunakan fasilitas sepeda non-lipat.

"Penyediaan fasilitas ini telah melalui kajian yang dalam dan melibatkan sejumlah pihak terkait seperti komunitas Bike to Work dan ITDP. Kebijakan ini juga telah melalui serangkaian uji coba untuk memastikan jaminan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pelanggan (MRT)," terangnya seperti dikutip BeritaJakarta.id.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenyamanan Pengguna MRT

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mencanangkan pelaksanaan kegiatan pemberian akses sepeda non-lipat di MRT. Sejumlah masukan disampaikan seperti, menambah rambu petunjuk (signage), tempat antre, dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Secara keseluruhan Beliau merasa puas dengan fasilitas ini dan mengimbau agar dalam pelaksanaannya dapat melibatkan saran dari publik serta terus melakukan peningkatkan kenyamanan para pengguna MRT," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.