Sukses

Setahun Covid-19, Komisi IX: Tingkat Kepatuhan Masyarakat Makin Meningkat

Melki mengatakan, kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan juga jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta 2 Maret 2021 tepat satu tahun kasus Covid-19 ditemukan Indonesia. Komisi IX selaku komisi kesehatan menilai penanganan pandemi Indonesia sejauh ini cukup baik.

"Kita cermati makin lama, penanganan Covid-19 di tanah air makin baik,” kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena saat dikonfirmasi, Selasa (2/3/2021).

Melki menyebut adanya kerjasama antar instansi membuat penanganan menjadi lebih komprehensif sampai tingkat paling bawah yakni RT/RW.

"Ada Satgas Pemilihan Ekonomi dan Kementerian Kesehatan RI, di daerah juga sama, ada seperti itu ada Satgas yang terdiri dari berbagai unsur, ada Dinas Kesehatan, dan juga di tingkat kabupaten kota juga sama. Dibantu juga oleh penanganan Satgas oleh berbagai komponen masyarakat, kelompok agama, kelompok pemuda, perempuan, dan berbagai organisasi yang lain termasuk juga partai politik dan juga termasuk berbagai macam Satgas sampai RT/RW, dusun, kampung," ucapnya.

Saat ini, lanjutnya, kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan juga jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu.  

"Kita lihat bahwa tingkat kepatuhan masyarakat makin lama makin membaik. Jangan sampai kendor untuk semua masyarakat juga bisa melaksanakan protokol kesehatan dengan baik," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Percepat Pemulihan Ekonomi

Melki berharap, adanya vaksinasi dapat mempercepat pemulihan kesehatan hingga ekonomi masyarakat.

"Saat ini vaksinasi sudah menyentuh pada kelompok petugas, ataupun kelompok pekerja publik dan lansia. Tentu dengan berbagai akumulasi, berbagai kerja sama dan upaya dari berbagai komponen dan kalangan ini semoga bisa membantu mempercepat penanganan Covid-19 di tanah air,"tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.