Sukses

Simak Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2021

LTMPT akan mulai membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 pada pukul 15.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) akan mulai membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 pada pukul 15.00 WIB, Senin (15/2/2021).

Calon peserta bisa langsung mendaftar ke alamat https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. Untuk tata cara pendaftaran SNMPTN 2021, para calon peserta mesti memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Siswa melakukan login di portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi.

2. Siswa mengisikan Kelengkapan Data Orang Tua pada halaman PROFIL.

3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN.

4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka tidak perlu diisikan.

5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.

6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI, jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.

7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibuka sampai 24 Februari 2021

Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih dalam keterangan tertulisnya menyebutkan bahwa pendaftaran SNMPTN 2021 dibuka sampai 24 Februari 2021. Peserta diberi waktu 10 hari untuk menyelesaikan pendaftaran.

"Penerimaan mahasiswa baru di PTN khususnya pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2021, saat ini memasuki tahapan pendaftaran. Jadwal pendaftaran SNMPTN dimulai 15 Februari pukul 15.00 WIB sampai 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB," kata Mohammad Nasih, Minggu (14/2/2021).

SNMPTN merupakan satu dari sekian seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Tanah Air. Selain SNMPTN ke depannya ada juga Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang juga dihelat oleh LTMPT. Ada pula ujian mandiri yang diserahkan kepada masing-masing universitas.

Sementara itu bagi calon peserta yang merasa kesulitan dalam melakukan pendaftaran, Nasih menyarankan untuk mengunduh dokumen Panduan Pendaftaran SNMPTN 2021 di laman LTMPT. Jika ditemui kendala teknis, ia meminta calon peserta menghubungi call center LTMPT.

"Dokumen dapat diunduh di web LTMPT. Siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN, salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

    SNMPTN

  • SNMPTN 2021