Sukses

SNMPTN 2021 Dibuka Senin 15 Februari, Calon Peserta Diminta Perhatikan Hal Ini

Nasih menguraikan ada sejumlah ketentuan bagi calon mahasiswa untuk bisa mendaftar di laman LTMPT.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 pada Senin besok pukul 15.00 WIB (15/2/2021).

"Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN khususnya pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2021, saat ini memasuki tahapan Pendaftaran. Jadwal pendaftaran SNMPTN dimulai 15 Februari pukul 15.00 WIB sampai 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB," kata Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih dalam keterangan tulis, Minggu (14/2/2021).

SNMPTN merupakan satu dari sekian seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Tanah Air. Selain SNMPTN ke depannya ada juga Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang juga dihelat oleh LTMPT. Ada pula ujian mandiri yang diserahkan kepada masing-masing universitas.

Nasih mengatakan, calon mahasiswa bisa mendaftar SNMPTN 2021 melalui laman LTMPT.

"Pendaftaran dilakukan melalui portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id," sebutnya.

Nasih menguraikan ada sejumlah ketentuan bagi calon mahasiswa untuk bisa mendaftar di laman LTMPT. Adapun syarat-syarat tersebut ialah mereka yang sudah memiliki akun LTMPT dan sudah permanen, siswa yang dinyatakan "eligible" oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Sementara itu untuk tahapan pendaftaran SNMPTN 2021 adalah sebagai berikut:

1. Siswa melakukan login di Portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi.

2. Siswa mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman PROFIL.

3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN.

4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka tidak perlu diisikan.

5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.

6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI, jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apa pun.

7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

 

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengumuman Maret 2021

Nasih juga menyarankan agar tidak memilih prodi lintas minat penjurusan. Serta tidak mendaftar menjelang jadwal penutupan atau pada hari terakhir pendaftaran.

Untuk pengumuman SNMPTN 2021 rencananya akan dilakukan pada Maret mendatang.

"Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT di https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian," sebutnya.

Sementara untuk pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN dapat dilihat di laman PTN penerima. Nasih juga mengimbau supaya sebelum mendaftar, calon peserta diharapkan membaca terlebih dahulu Panduan Pendaftaran SNMPTN 2021.

"Dokumen dapat diunduh di web LTMPT. Siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id," pungkasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN, salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

    SNMPTN

  • SNMPTN 2021