Sukses

Fachrul Razi Sebut Keputusan Jokowi Tepat Tunjuk Gus Yaqut Jadi Menteri Agama

Liputan6.com, Jakarta - Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Yaqut resmi menjadi Menteri Agama (Menag) menggantikan Fachrul Razi. Acara serah terima jabatan (sertijab) telah dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat pada hari ini, Rabu (23/12/2020). 

Dalam kesempatan itu, Fachrul Razi yakin bahwa keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang memilih Yaqut sebagai Menag merupakan pilihan tepat. Dia yakin, Yaqut bisa memimpin Kementerian Agama lebih baik dari dirinya.

“Saya selalu berasumsi pasti pilihan presiden adalah pilihan yang paling tepat. Saya yakin Bapak bisa memimpin Kementerian Agama lebih baik," kata Fachrul Razi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Rabu.

Yang membuat Fachrul yakin bahwa Yaqut akan menjadi pemimpin lebih baik, adalah bekal pengalaman yang dimiliki penerusnya tersebut. Fachrul kemudian dengan resmi mengucapkan selamat kepada Yaqut sebagai Menteri Agama RI yang baru.

“Saya ucapkan selamat datang. Dengan pengalaman bapak dan energi bapak yang masih muda, saya optimis bapak bisa memimpin Kemenag lebih baik lagi," kata mantan Wakil Panglima TNI itu.

Dalam pidato terakhirnya sebagai Menag, Fachrul tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran dan pegawai Kemenag. Hal yang sama juga disampaikan kepada Wamenag, Zainut Tauhid yang dinilai telah banyak membantu dirinya selama menjabat Menteri Agama.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga Kementerian Agama yang sudah banyak membantu saya. Khususnya Pak Wamen (Zainut Tauhid) serta tim yang dipimpinnya yang sudah bekerja dengan sangat baik,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan rasa syukurnya, karena selama ia memimpin Kementerian Agama, seluruh jajaran dan stafnya berperilaku sangat baik. Bahkan, kata Fachrul, seluruh stafnya bekerja dengan bersih. Tidak ada yang bermain kotor.

“Di dalam Kementerian Agama ini sudah ada tim yang sangat bagus yaitu ‘Dream Team’. Tim yang diimpikan oleh semua orang. Bersama-sama kami membangun Kemenag, tidak ada yang kasar, tidak ada yang kotor, semua bersih, tapi betul-betul bisa menghasilkan kesuksesan yang luar biasa,” ujarnya.

Tidak lupa ia mendoakan seluruh jajaran dan staf Kemenag. "Mudah-mudahan semua selalu sehat, dapat usia panjang yang barokah, sehingga bisa dapat berbuat lebih banyak untuk umat dan bangsa," tutup Fachrul.  

2 dari 3 halaman

Pertahankan Peninggalan yang Baik

Dalam kesempatan yang sama, Menag yang baru, Yaqut Cholil berharap seluruh jajaran Kemenag bisa bekerja sama dengan dirinya mewujudkan satu cita-cita yang sama, yakni Indonesia tanpa diskriminasi.

Untuk itu, Mantan Wakil Bupati Rembang itu berharap, budaya baik peninggalan Fachrul yang sudah ada di Kemenang bisa tetap dipertahankan.

“Pak Fachrul Razi sudah meninggalkan legacy yang baik, mari kita tingkatkan apa yang sudah menjadi warisan beliau. Yang saya dengar, amati, dan lihat, sudah sangat luar biasa. Mari kita  pertahankan dan buat lebih baik lagi," kata Gus Yaqut.

Upacara sertijab ini juga dihadiri oleh jajaran eselon I Kemenag, seperti Sekjen Kemenag Nizar Ali, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani. Gus Yaqut juga sempat menyapa Sekjen Kemenag Nizar Ali. Dia mengatakan bahwa dirinya sudah menganggap Nizar Ali seperti ayahnya sendiri.

“Saya banyak belajar dengan senior-senior di sini. Bukan hanya sama Pak Fachrul dan Kiai Zainut, tapi sama Prof Nizar Ali. Saya banyak belajar dari beliau,” tutupnya.     

 

Reporter: Merdeka.com/Rifa Yusya Adilah

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: