Sukses

Penjelasan Disdik DKI Jakarta Terkait Soal Ujian yang Menyebut Nama Anies dan Mega

Sebelumnya telah beredar foto di media sosial terkait sejumlah soal ujian yang meminta siswanya memilih jawaban yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana menyatakan pihaknya telah menyelidiki terkait beredarnya foto soal ujian sekolah di media sosial yang menyebutkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Mega.  

Berdasarkan hasil penelusuran dan konfirmasi soal yang diberikan kepada siswa, dibuat karena terdapat kompetensi pada mata pelajaran mengenai pembentukan karakter, integritas, sabar dan tanggung jawab kepada siswa.

"Terkait hal tersebut, redaksionalnya memang memiliki kesamaan nama. Namun tidak ada maksud mendukung maupun mencemarkan nama baik pejabat publik," kata Nahdiana dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/12/2020).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, Dinas Pendidikan tidak pernah mengimbau guru di sekolah untuk membuat soal ujian sekolah dengan menyebutkan nama pejabat publik tertentu.

Selain itu, Nahdiana juga mengaku pihaknya telah meminta guru yang membuat soal ujian tidak mengulangi perbuatannya kembali.

Karena hal tersebut, dia pun mengimbau agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat menjaga netralitas dalam memberikan pelayanan publik.

"Hal tersebut berpotensi menjadi unsur pelanggaran netralitas terhadap posisi ASN," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral Soal Ujian

Sebelumnya telah beredar foto di media sosial terkait sejumlah soal ujian yang meminta siswanya memilih jawaban yang tepat. Soal tersebut yakni:

Anies selalu diejek Mega karena memakai sepatu yang sangat kusam. Walaupun demikian Anies tak pernah marah. Perilaku Anies merupakan contoh...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.