Sukses

Viral Potret Siswa Pakai Penutup Mata Saat Ujian Online, Warganet: Mau UTS atau Sulap?

Kocak, aksi ujian ini dengan memakai tutup mata agar tak ada yang berbuat curang, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 membawa dampak besar bagi dunia pendidikan. Bagaimana tidak, seluruh siswa dari berbagai tingkatan kini harus melakukan kegiatan belajar mengajar secara online.

Ya, pendidikan jarak jauh dihimbau agar lembaga pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi tetap dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan aman di tengah pandemi.

Sementara itu, kebijakan ini juga nyatanya berpengaruh pada pelaksanaan ujian di berbagai sekolah. Jika sebelumnya ujian dilakukan di ruang kelas dengan tempat duduk acak, namun kini tes harus dilakukan di rumah masing-masing secara online. 

Hal ini membuat guru-guru khawatir jika para siswa akan berbuat curang atau menyontek saat melakukan ujian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Unik Guru Cegah Siswa Curang

Menariknya, guru dapat mencari banyak cara untuk mencegah agar siswa tidak saling menyontek dan berbuat kecurangan saat proses ujian.

Salah satu caranya ialah dengan mengganti ujian tertulis menjadi ujian lisan. Namun tak cukup sampai di situ, rupanya ada seorang guru yang membuat aturan unik ketika muridnya melakukan ujian lisan yaitu dengan menutup mata mereka dengan kain agar tak membaca contekan. 

Hal ini seperti yang terlihat dari sebuah unggahan oleh akun Twitter @callmeBeeL. Dia menjelaskan bagaimana dia dan temannya sedang mengikuti ujian tengah semester.

 

3 dari 4 halaman

Segala Benda Dipakai untuk Menutup Mata

"Aku UTS kek gini. Kalian kek mana?" tulis pemilik Twitter tersebut.

Seperti yang bisa dilihat dari foto, semua siswa mau tidak mau harus mengikuti aturan ini. Menariknya, mereka menutupi mata dengan berbagai kain, termasuk sapu tangan, bandana, bahkan menggunakan kardus.

 

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Sontak, aksi lucu dari siswa dengan penutup mata saat ujian mengundang tawa warganet, hingga kini unggahan tersebut mendapat lebih dari 2,3 ribu retweets dan 11,6 ribu suka.

"Contekannya taruh dalem mata," tulis akun @ryzkl.

"Hah? Uts apa sulap," tanya akun @Auliaaaw.

"Terdeteksi ada yg pake serbet dapur 'selamat menikmati bau bawang merah' wkwowk," kata akun @edisiimam1.

"Duh jangan sampe dosen liat sih sa inimah nanti jadi inspirasi wkwk," tutur akun @Filarkhuiru.

"Gw tadi ujian, suruh nyalain kameraa.. bukan gw yg ditanya aja udh deg2kan.. tp seneng kalau ujian gituu.. tp kalau begini wkwk mikir juga gw.. takut ilang ingatan," tulis akun @radiatank.

"Murid gw cuma gw suruh merem aja si, ga sampe ditutup kain. Gak nyaman liatnya ehehe," kata akun @iyatiwiya.

"Cara ngerjain uts ny pake apa? matanya kok dibungkus," tanya akun @oneTwitfun.

Penulis

Fayola Gishlaine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.