Sukses

Komisi III DPR: Seluruh Fraksi Setujui 7 Nama Calon Anggota Komisi Yudisial

Komisi III DPR RI menyatakan seluruh calon anggota KY lolos setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

Liputan6.com, Jakarta

Seluruh fraksi di Komisi III DPR RI memberikan persetujuan terhadap tujuh nama calon anggota Komisi Yudisial (KY) masa jabatan 2020-2025.

Ketujuh namacalon anggota KY tersebut adalah Joko Sasmito, M Taufiq HZ, Sukma Violetta, Bin Ziyad Khadafi, Amzulian Rifai, Mukti Fajar Nur Dewata, dan Siti Nurjanah.

Komisi III menyatakan seluruh calon lolos setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

"Atas dasar pandangan sembilan fraksi terhadap nama-nama tersebut, apakah dapat kita sepakati?" kata Ketua Komisi III Herman Hery dalam rapat pleno Komisi III di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (2/12/2020).

"Setuju," jawab anggota rapat.

Selanjutnya, persetujuan Komisi III akan disampaikan pada Rapat Paripurna terdekat.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan KY dan MA Perlu Diperbaiki

Adapun sebelumnya, Komisi III DPR telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan tujuh calon anggota KY. Uji kelayakan dan kepatutan berupa pembuatan makalah dan sesi wawancara.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan, sejumlah calon anggota KY juga menyepakati bahwa hubungan antara KY dan Mahkamah Agung (MA) perlu diperbaiki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.