Sukses

Ganjar Kalahkan Prabowo di Survei, Gerindra: Capres-Capresan Nanti 2023

Andre mengatakan, terlalu dini membicarakan soal capres 2024. Kini semua pihak sedang fokus agar selamat dari Covid-19 dan bersatu supaya bisa keluar dari krisis ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo berada di urutan satu dalam survei Capres yang dilakukan Indikator Politik pada Minggu, 25 Oktober 2020 lalu. Nama Ganjar menyalip Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang berada di urutan kedua.

Politikus Partai Gerindra, Andre Rosiade menilai merosotnya nama Prabowo merupakan hal yang wajar dalam survei politik. Menurutnya, partainya kini memang  sedang fokus pada hal lain ketimbang capres 2024.

"Biasa-biasa saja, kita sekarang enggak ngomong elektabilitas siapa yang naik atau nomor satu biasa saja, sekarang kami fokus, kita dapat amanah dari rakyat di pemilu 2019, saatnya kita membuktikan amanah itu dengan kerja keras," ucapnya saat dihubungi, Rabu, 28 Oktober 2020.

Menurutnya, terlalu dini membicarakan soal capres 2024. Kini semua pihak sedang fokus agar selamat dari Covid-19 dan bersatu supaya bisa keluar dari krisis ekonomi.

"Capres-capresan nanti 2023 lah kita mulai bahas, itu yang dibutuhkan rakyat, jadi kami sekarang fokus bekerja saja," kata anggota DPR itu.

Anggota DPR ini melanjutkan, pembicaraan capres dibahas pada tahun 2023 dalam rapat kerja nasional. Saat ini, partai burung garuda fokus bekerja untuk rakyat.

"Sesuai instruksi Pak Prabowo di kongres luar biasa partai Gerindra bahwasanya urusan Pilpres dibahas satu tahun sebelum Pemilu, dalam rakernas nanti kita bahas, sekarang kita fokus bekerja," ucap dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringkat Daftar Capres versi Survei Indikator Politik

Sebelumnya,  Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis survei terkait sosok calon presiden yang banyak dipilih selama pandemi virus Corona atau Covid-19. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas.

Pada survei Februari 2020, nama Prabowo Subianto masih unggul dengan 22,2 persen. Disusul Ganjar Pranowo 9,1 persen dan Anies Baswedan 12,1 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi menyebut, Ganjar merupakan sosok yang konsisten, sehingga terus menanjak elektabilitasnya selama empat kali perhitungan survei.

"Bulan Juli Pak Prabowo masih tertekan, Ganjar naik lagi jadi 16,2 persen. Sebelum pandemi, Pak Prabowo selisihnya signifikan dengan yang lain," jelas dia.

Berikut hasil survei Indikator terkait Capres Pilihan responden selama Pandemi Covid-19:

Ganjar Pranowo 18,7 persen

Prabowo Subianto 16,8 persen

Anies Baswedan 14,4 persen

Sandiaga Salahuddin Uno 8,8 persen

Ridwan Kamil 7,6 persen

Agus Harimurti Yudhoyono 4,2 persen

Khofifah Indar Parawansa 4,0 persen

Gatot Nurmantyo 1,4 persen

Mahfud MD 1,3 persen

Airlangga Hartarto 1,2 persen

Puan Maharani 0,9 persen

Erick Thohir 0,8 persen

Tito Karnavian 0,4 persen

Muhaimin Iskandar 0,2 persen

Budi Gunawan 0,1 persen 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.