Sukses

Banjir Terjang Bekasi, Tim SAR Jakarta Bantu Evakuasi Warga

Liputan6.com, Jakarta - Basarnas dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, turut membantu warga yang terdampak banjir di Bekasi, khususnya di Perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Hendra Sudirman mengatakan, timnya terus melakukan penelusuran ke area perumahan yang digenangi banjir.

"Kembali penyusuran dilakukan oleh tim menuju area perumahan tersebut yang telah digenangi banjir dengan ketinggian kurang lebih 80 hingga 100 cm," kata Hendra dalam keterangan tertulis, Minggu (25/10/2020).

Dia menuturkan, sedikitnya 20 warga berhasil dievakusasi. Yang di antaranya balita, lansia, dan orang dewasa. "Seluruhnya dibawa oleh petugas ke tempat yang lebih aman, setelah semalaman terjebak banjir," ungkap Hendra.

Menurut dia, meski masih banjir, debit air perlahan mulai surut. Saat ini banjir masih menggenangi kawasan Perumahan Villa Jatirasa, tetapi debit air mulai berangsur surut," tukas Hendra.

 

2 dari 3 halaman

Warga Pondok Gede Mengungsi

Banjir yang merendam sejumlah kawasan di Kota Bekasi memaksa puluhan warga Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) mengungsi. Mereka dievakuasi ke sejumlah lokasi pengungsian yang telah disiapkan pemerintah.

"Yang mengungsi di PGP ada 80 orang di posko BNPB, yang lain di rumah saudara. Kita enggak bisa maksain di tengah Covid-19," kata Kepala Seksi Rekonstruksi dan Rehabilitasi Badan BPDB Kota Bekasi, Hendra saat dihubungi, Minggu (25/10/2020).

Hendra menyatakan, warga terdampak banjir yang mengungsi juga tetep menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, mulai dari menjaga jarak hingga penggunaan masker.

Selain itu, dia menyatakan, pihaknya masih terus melakukan evakuasi kepada warga di sejumlah lokasi banjir lainnya di Kota Bekasi, seperti di Villa Jatirasa.

"Tim masih evakuasi di lapangan, kami utamakan evakuasi anak kecil, ibu hamil, orang sakit dan lansia," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: