Sukses

Bayah Lebak Banten Diguncang 3 Kali Gempa Hari Ini

Gempa bumi yang mengguncang Bayah, Banten tercatat sebanyak tiga kali terhitung sejak dini hari tadi hingga pukul 06:50:23 WIB dengan magnitudo 4,5.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali menggoyang sejumlah wilayah Tanah Air. Hingga pukul 19.30 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan beberapa gempa hari ini, Kamis (22/10/2020) terjadi di Pantai Bayah, Kabupaten Lebak Banten dan Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Namun, gempa bumi yang mengguncang Bayah, Banten tercatat sebanyak tiga kali terhitung sejak dini hari hingga pukul 06:50:23 WIB dengan magnitudo 4,5.

Saat gempa terjadi, getarannya terasa hingga Cikembar Sukabumi dalam skala IV MMI (Modified Mercalli Intensity), lalu Bayah, Sukabumi, dan Pelabuhan Ratu masing-masing berskala III MMI. 

Kurang lebih 9 jam kemudian, gempa menyambangi Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Gempa terjadi pukul 18:08:46 WIB dengan kekuatan magnitudo 4. 

Berikut info gempa hari ini selengkapnya di Indonesia yang dihimpun Liputan6.com:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gempa Bayah Banten Pertama

Terjadi pada pukul 00:38:15 WIB, gempa pertama di Bayah, Kabupaten Lebak Banten ini berkekuatan magnitudo 3,7. Getarannya terasa hingga Sawarna dalam skala III MMI.

Berada pada kedalaman 8 kilometer, BMKG melaporkan gempa berpusat di laut.

Sementara, lokasi gempa terletak pada koordinat titik 7 Lintang Selatan (LS) dan 106,32 Bujur Timur (BT). Atau tepatnya di 10 km tenggara Bayah, Kabupaten Lebak.

3 dari 5 halaman

Gempa Bayah Kedua

Gempa kali ini berpusat di darat dengan kedalaman 11 kilometer. Saat digetarkan gempa magnitudo 2,6, guncangannya terasa I-II MMI di wilayah Cibayawak Bayah.

BMKG menyebut gempa kedua di wilayah ini terjadi pada pukul 01:09:28 WIB.

Sedangkan lokasi gempa terletak di koordinat 6,92 LS dan 106,34 BT. Atau lebih tepatnya di 9 km timur laut Bayah.

4 dari 5 halaman

Gempa Bayah Ketiga

Gempa ketiga terjadi pada pukul 06:50:23 WIB. Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5.

BMKG menyebut lokasi gempa berada pada koordinat titik 6,98 LS dan 106,32 BT. Atau lebih tepatnya di 9 kilometer tenggara Bayah.

Sedangkan pusat gempa terjadi di darat dengan kedalaman 10 kilometer.

5 dari 5 halaman

Gempa Luwu Utara

Sementara, Luwu Utara diguncang lindu berkekuatan magnitudo 4 pada pukul 18:08:46 WIB. Guncangannya bahkan terasa hingga III MMI di Desa Sorowako. 

Menurut data BMKG, gempa berada di kedalaman 10 kilometer dengan pusat gempa berada di darat.

Adapun lokasinya terletak pada koordinat 2,42 LS dan 121,28 BT.Atau tepatnya di 21 km timur laut Luwu Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bayah Banten

  • Gempa Luwu Timur