Sukses

Kronologi hingga Kondisi Hanafi Rais Usai Kecelakaan di Tol Cipali

Panit PJR Tol Cipali Iptu Karyana menjelaskan, kecelakaan Hanafi Rais terjadi pada Minggu dini hari, 18 Oktober 2020 pukul 02.22 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Putra dari tokoh politikus Amien Rais, Hanafi Rais, mengalami kecelakaan mobil saat di Kilometer 112 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), tepatnya di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Panit PJR Tol Cipali Iptu Karyana menjelaskan, kecelakaan Hanafi Rais terjadi pada Minggu dini hari, 18 Oktober 2020 pukul 02.22 WIB.

"Akibat kejadian tersebut kendaraan (Hanafi Rais) mengalami kerusakan dengan posisi akhir normal menghadap barat," ujar Karyana, dikutip dari Antara.

Karyana menceritakan kronologi kecelakaan mobil Toyota Alphard dengan nomor polisi B 1612 WMV yang ditumpangi Hanafi Rais. Mobil itu, kata Karyana, dikendarai oleh Ferdian Yudha Pratama sebagai sopir.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi menyebut, kondisi Hanafi Rais usai kecelekaan mengalami luka berat di kepala.

Berikut kronologi hingga kondisi Hanafi Rais usai kecelakaan di Tol Cipali dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kronologi Kecelakaan

Unit PJR Polda Jawa Barat mengabarkan putra dari tokoh politisi Amien Rais, yakni Ahmad Hanafi Rais terlibat kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) kilometer 112, tepatnya di wilayah Kabupaten Subang, Minggu, 18 Oktober 2020.

Panit PJR Tol Cipali, Iptu Karyana mengatakan Hanafi Rais berada pada mobil Toyota Alphard dengan nomor polisi B 1612 WMV. Mobil itu, kata Karyana, dikendarai oleh Ferdian Yudha Pratama sebagai supir.

"Kendaraan (Hanafi Rais) melaju dari arah Palimanan menuju Jakarta. Setiba di TKP diduga bagian belakang kiri kendaraan yang ditumpanginya tertabrak oleh kendaraan lainnya yang melaju sama dari arah belakang," kata Karyana, dikutip Antara.

Mobil yang diduga menabrak mobil Hanafi Rais itu masih belum diketahui nomor polisinya maupun identitas pengendaranya. Dia menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Minggu dini hari pukul 02.22 WIB.

Akibat tertabrak dari arah belakang itu, mobil yang ditumpangi Hanafi Rais terdorong ke depan dan menabrak kendaraan pengangkut alat berat yang belum diketahui nomor polisinya.

"Akibat kejadian tersebut kendaraan (Hanafi Rais) mengalami kerusakan dengan posisi akhir normal menghadap barat," katanya.

 

3 dari 5 halaman

Sudah Mencatat Saksi dan Amankan Barang Bukti

Beruntung, Karyana memastikan, peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa. Hanafi berserta Ferdian, kata Karyana, kini dirawat di rumah sakit yang berada di wilayah Purwakarta.

"Pihak kepolisian mendatangi TKP dan mencatat saksi-saksi kemudian membawa korban ke rumah sakit. Polisi juga mengamankan barang bukti ke Mako PJR Tol Cilameri Subang," ucap dia.

Sementara itu, menurut Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago, Kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun ini juga sudah dievakuasi ke Pos Derek Cilameri Subang.

 

4 dari 5 halaman

2 Orang Alami Luka dan Pelaku Kabur

Erdi kemudian mengatakan Ahmad Hanafi Rais mengalami luka berat akibat insiden kecelakaan di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Luka berat satu orang, atas nama Ahmad Hanafi Rais, alamat Kecamatan Kota Gede, Kota Yogyakarta," kata Erdi di Bandung.

Ia memastikan Hanafi langsung dilarikan ke Rumah Sakit MH Thamrin, Kabupaten Purwakarta.

"Kategorinya luka berat. Iya di kepala," ucap Erdi.

Selain Hanafi, kata dia, menyampaikan seorang sopir bernama Ferdian Yudha Pratama, yang mengendarai mobil yang ditumpangi Hanafi Rais, mengalami luka ringan.

Akibat tabrakan itu, mobil Hanafi terpental hingga menabrak kendaraan pengangkut alat berat yang ada di depan. Kap depan serta kaca mobil Hanafi mengalai kerusakan yang cukup parah.

"Ironisnya kendaraan yang menabrak dan yang ditabrak malah melarikan diri. Akibat kecelakaan ini Hanafi Rais dan sopirnya terluka," kata Erdi.

Hingga kini, ia menyatakan polisi masih memburu mobil yang diduga menyebabkan Hanafi Rais dan sopirnya mengalami kecelakaan.

 

5 dari 5 halaman

Hanafi Mulai Bisa Berkomunikasi

Erdi mengatakan Hanafi Rais kini dalam kondisi baik dan dapat berkomunikasi, setelah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit MH Thamrin Purwakarta, Jawa Barat

Saat ini petugas PJR Tol Cipali sedang menyelidiki serta mendalami kasus kecelakaan lalu lintas tersebut.

Sementara itu, dalam akun instagramnya, Hanum Rais, mengungkapkan kondisi kakaknya, Hanafi Rais. Saat ini, kata Hanum Rais, para dokter menanganinya dengan baik.

"Saat ini sudah ditangani dengan baik oleh para dokter dan suster di rumah sakit. Keadaan sadar meski ada beberapa luka yang harus dijahit. Allah dengan segala kebesaran Nya masih memperkenankan kakak kami untuk sehat dalam keadaan stabil. Ia terus berdzikir dan didampingi kedua orangtua dan istri dan anak serta saya dan suami," kata Hanum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.