Sukses

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Generasi Muda Harus Memiliki Rasa Nasionalisme

Niken menambahkan perwujudan semangat Pancasila juga bisa dilakukan di tengah krisis pandemi seperti saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober setelah sehari mengenang para korban yang tewas mengenaskan dalam peristiwa G30S/PKI. Peringatan 1 Oktober ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967.

Menurut Sekjen Kemkominfo, R Niken Widiastuti, sebagai generasi muda semangat untuk setia terhadap Pancasila harus tetap tumbuh. Oleh karena itu generasi muda perlu tetap mempertahankan jati diri yang berpedoman pada Pancasila dan meningkatkan rasa nasionalisme.

"Dan karena Pancasila merupakan dasar negara maka setiap bangsa, setiap generasi muda, harus ikut serta rasa nasionalisme menjaga dasar negara kita yaitu Pancasila," kata Niken di acara webinar "Semangat Hari Kesaktian Pancasila untuk Generasi Muda yang Berlandaskan Pancasila," Rabu (30/9/2020).

Niken menambahkan perwujudan semangat Pancasila juga bisa dilakukan di tengah krisis pandemi seperti saat ini. Seperti dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran wabah COVID-19.

"Menuju adaptasi kebiasaan baru harus memakai masker dan tetap jaga jarak, sering cuci tangan, sedia hand sanitizer, makan makanan bergizi seimbang, rajin olahraga, tidak bersalaman dulu, gunakan uang elektronik dan mandi saat tiba di rumah," tuturnya.

Namun generasi muda juga memiliki tantangan yang tak mudah untuk bisa tetap menjaga jati diri nasionalisme yang berpedoman pada Pancasila, apalagi di era perkembangan teknologi digital seperti saat ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Menyaring Informasi

Seperti yang dikatakan oleh Restu Gunawana selaku Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud, yang mana perlu penyegaran pemahaman dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila untuk menangkal berjangkitnya beragam ancaman ekstremisme yang bisa saja muncul akibat terpengaruh dari informasi-informasi hoax yang mengandung unsur ujaran kebencian.

"Kita sebagai generasi milenial kita harus pintar-pintar menyaring jadi kita harus memperdalam diri dengan membaca seluruhnya," ujarnya.

Bahkan Yosep Pereira yang merupakan pendiri Rumah Pancasila memberikan contoh sederhana yang bisa dilakukan setiap orang yang mencerminkan kehidupan berpancasila.

"Ketika ada orang haus dan lapar dan Anda datang untuk memberikan dia makan dan minum berbahagia lah Anda karena Anda adalah utusan Tuhan dan Anda adalah Pancasila sejati," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.