Sukses

Top 3 News: Cerita Dokter Penyintas Covid-19 Sempat Dikucilkan Tetangga

Wanita bernama dr Nurhidayati itu juga merupakan penyintas Corona Covid-19 yang dulunya sempat dikucilkan tetangga.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, sebanyak 10 orang tewas akibat bencana tanah longsor yang terjadi pada Senin dini hari, 28 September 2020 di tiga lokasi di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Dilansir Antara, menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Tarakan Hanip Manisan, tanah longsor terjadi sekitar pukul 01.30 Wita di Kelurahan Juata Permai RT 17, Kecamatan Tarakan Utara dan menyebabkan empat orang meninggal dunia.

Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Tarakan menyatakan, tanah longsor juga terjadi di wilayah Gunung Selatan dan Kampung Sikip.

Lalu, gempa bumi menggetarkan wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pukul 10:49:00 WIB pada Senin, 28 September 2020.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya www.bmkg.go.id, gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,2.

Sementara itu, ada cerita dari seorang tenaga medis yang bertugas di RSPI Prof Dr Sulianti Saroso. Wanita bernama dr Nurhidayati itu juga merupakan penyintas Corona Covid-19.

Nurhidayati mengaku menghadapi stigma warga di lingkungannya ketika dia terinfeksi virus Corona Covid-19. Dia terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil uji usap yang keluar pada 18 April 2020.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Senin, 28 September 2020:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10 Warga Tewas Akibat Longsor di Tarakan Kalimantan Utara

Sepuluh orang dilaporkan tewas akibat bencana tanah longsor yang terjadi pada Senin dini hari tadi, 28 September 2020 di tiga lokasi di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

"Laporan sementara yang kita terima ada sepuluh orang korban dari Jalan Matahari, Juata Permai, dan Gunung Selatan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Tarakan Hanip Manisan dikutip dari Antara, Senin.

Menurut Hanip, tanah longsor terjadi di Kelurahan Juata Permai RT 17, Kecamatan Tarakan Utara, sekitar pukul 01.30 Wita dan menyebabkan empat orang meninggal dunia.

Berdasarkan data Polsek Tarakan Utara, korban yang meninggal dunia akibat tanah longsor di Kelurahan Juata Permai terdiri atas seorang lelaki 38 tahun, seorang perempuan 40 tahun, serta dua anak lelaki berumur masing-masing delapan tahun dan 10 tahun.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Pangandaran

Gempa bumi menggetarkan wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat sekitar pukul 10:49:00 WIB pada Senin, 28 September 2020.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya, gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,2. 

Titik gempa berpusat di pantai selatan tepatnya 69,5 km barat daya Kabupaten Pangandaran dengan koordinat 8.27 LS 108.23 BT.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Cerita Dokter RSPI yang Terinfeksi COVID-19 Dikucilkan Masyarakat

Seorang penyintas COVID-19, dr Nurhidayati, yang merupakan tenaga kesehatan RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso mengaku menghadapi stigma warga di lingkungannya ketika dia menderita Covid-19.

"Untuk tetangga jauh mereka benar-benar menjauh, mengucilkan sampai tidak ada orang yang lewat depan rumah saya," kata Nurhidayati dalam seminar virtual "Penyintas Covid-19 Bicara" yang diadakan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta, Minggu, 27 September 2020.

Nurhidayati terkonfirmasi positif COVID-19 dari hasil uji usap yang keluar pada 18 April 2020. Gejala awal yang dia rasakan berupa meriang, hidung tersumbat, penciuman berkurang, lemas, pusing dan nyeri tenggorokan.

Nurhidayati (30) bekerja sebagai dokter umum di instalasi gawat darurat di RSPI, dan ketika RSPI menjadi rumah sakit rujukan COVID-19 dia menjadi dokter ruangan isolasi yang menangani pasien COVID-19.

Pada saat diketahui informasi bahwa Nurhidayati menderita COVID-19, ada orang-orang sekitar yang takut lewat di depan rumahnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Top 3 News

  • Longsor Tarakan

  • Gempa Bumi

  • dokter