Sukses

Progres Pembangunan Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung Sudah 81 Persen

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, progres pembangunan flyover atau jalan layang Tapal Kuda di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan sudah mencapai 81,1 persen.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, progres pembangunan flyover atau jalan layang Tapal Kuda di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, sudah mencapai 81,1 persen.

"Pekerjaan struktur atas flyover sudah selesai dikerjakan seluruhnya, struktur pelat lantai sebagai sarana kendaraan lewat telah selesai tersambungkan semuanya, baik putaran Utara ke Utara maupun sebaliknya," kata Hari, Sabtu (22/8/2020).

Dia menuturkan, saat ini pihaknya tengah mengerjakan pagar di setiap sisi jalan layang sebagai pengamanaan bagi kendaraan.

Selain itu, penataan taman di bawah jalan, dilakukan juga penataan landscape, agar terlihat indah dan menarik juga sedang berlangsung.

"Juga tersisa pekerjaan JPO dimana pekerjaan ini menunggu pembebasan lahan untuk penempatan kaki JPO nya," kata Hari.

Sementara, untuk pembangunan jalan layang Tanjung Barat, menurutnya saat ini realisasinya sudah mencapai 69,6 persen Dia menyebut saat ini tengah persiapan pengerjaan penempatan balok jembatan yang menyeberangi rel kereta api.

"Paralel dengan itu (pengerjaan balok jembatan) sedang dikerjakan pelat lantai kendaraan berbarengan dengan pekerjaan pagar flyover (parapet) dan pekerjaan penataan drainase saluran. Juga masih tersisa pekerjaan JPO dimana sedang menunggu proses pembebasan lahan untuk penempatan kaki JPO-nya," tutur Hari.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diwarnai Cat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar genteng rumah warga di sekitar flyover atau jalan layang Tapal Kuda di Tanjung Barat dan Lenteng Agung, Jakarta Selatan diwarnai dengan cat supaya lebih menarik bila diambil gambar dari atas.

Dia menyatakan, saat jalan layang Tapal Kuda sudah jadi, pengambilan gambar akan mencakup sejumlah rumah warga sekitar.

"Wali Kota bicarakan dengan rumah-rumah di sini gentengnya dicat semua, pak. Jadi kita obrolin dari sekarang, enak betul warnanya begini, jangan dong kita yang tentukan warnanya apa," kata Anies dalam video YouTube Pemprov DKI, Kamis (20/8/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga meminta kepada Dinas Sumber Daya Air serta Dinas Kehutanan dan Tata Kota untuk melakukan penghijauan di sekitar jalan layang tersebut.

Kata Anies, masih tampak sejumlah lahan kosong yang dapat dimanfaatkan. Sebab secara estetika dari pengambilan gambar dari atas kurang menarik.

"Buatkan tanaman yang low maintenance jangan yang high maintenance," ucapnya.

Selain itu, Anies juga menyatakan flyover Tapal Kuda ini bukan hanya saja ikonik untuk Jakarta, namun secara nasional.

"Artinya apa, ini akan jadi sorotan di Indonesia. Jadi tidak boleh tanggung dan tidak boleh terpikirkan sebelumnya," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.