Sukses

Jalan Layang Cengkareng Diperbaiki, Lalu Lintas Tersendat

Tertera spanduk berlogo Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat bertuliskan 'ada pengerjaan perbaikan jembatan flyover [Cengkareng](3857500 "") B'.

Liputan6.com, Jakarta - Flyover atau jembatan layang arah Cengkareng menuju Bandara Soekarno Hatta dan Kapuk Kamal ditutup sejak Rabu malam 26 Desember 2018. Penutupan jalan layang disebabkan keretakan yang terjadi di dalam jalan.

Pantauan merdeka.com di lokasi pada Kamis (27/12/2018), pintu masuk ditutup menggunakan barier beton. Tertera spanduk berlogo Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat bertuliskan 'ada pengerjaan perbaikan jembatan flyover Cengkareng B'

Jembatan ini ditutup sejak 21 sampai 31 Desember hingga kerusakan diperbaiki. "Sampai tanggal 31," kata petugas Dishub saat memantau di lokasi.

Sementara lalu lintas ke arah Cengkareng tersendat akibat adanya perbaikan jalan layang. Sehingga kendaraan mesti melewati jalur bawah ke arah Kalideres, Tangerang, dan Pesing, Grogol.

Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, arus kendaraan dari Kembangan yang akan mengarah ke Pluit tidak lagi bisa melalui flyover. Petugas mengarahkan ke Jalan Arteri-Cengkareng-Pluit dan seterusnya.

"Pengalihan arus lalu lintas dari Kembangan mengarah Pluit dimulai pukul 20.00 WIB," kata Budiyanto saat dikonfirmasi, Kamis..

Dia juga mengimbau masyarakat mengambil jalan alternatif lain agar tidak berimbas kemacetan dan penumpukan volume kendaraan. "Proses perbaikan masih berjalan dan situasi secara umum terkendali," ucap Budiyanto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Retak

Bangunan flyover Rawabuaya, Cengkareng, Jakarta Barat retak di berbagai sisi. Retakan itu menyebabkan kekhwatiran warga untuk menyebarang di jembatan itu.

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi membenarkan adanya keretakan di jembatan itu.

“Memang retak, sementara tidak bisa dilewati,” kata Rustam saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (26/12/2018).

Menurut Rustam, saat ini tim dari Kementerian PU Pera sedang memperbaiki kerusakan. Sementara dari Pemprov DKI membantu mengalihkan lalu lintas atau menutup jalan sementara waktu.

“Flyover Rawabuaya sedang diperbaiki oleh PU Pera. Jalan sudah diamankan,” kata Rustam

Sementara itu senada dengan Rustam, Sudin Binamarga Jakarta Barat Riswan mengatakan proses perbaikan sedang dilakukan tim PU Pera. “Sedang dalam proses perbaikan, sedang ditangani,” katanya

Tim yang memperbaiki, lanjut Riswan adalah Tim dari Balai Besar Pelaksana Jalan Wilayah VI Kementerian PUPR Jakarta Metro 1. “Saat ini sedang proses penggantian pot bearing,” kata Risman.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.