Sukses

Tahun Baru Islam, Jokowi: Mari Kita Tanggalkan Pesimisme

Jokowi berdoa agar bangsa Indonesia segera bisa melalui ujian berupa pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah. Jokowi mengajak masyarakat menjadikan momentum tahun baru Islam ini untuk mengubah sifat malas dan pesimisme.

"Mari, kita sambut tahun baru Islam ini dengan tekad untuk berhijrah. Dari perilaku individualistik ke peduli sesama. Dari sifat malas ke kerja keras. Dari mudah marah ke manusia yang penyabar. Kita tanggalkan pesimisme dan melangkah penuh optimisme," tulis Jokowi di akun instagramnya @jokowi, Kamis (20/8/2020).

Dia turut menyoroti tantangan yang tengah dihadapi bangsa. Seperti diketahui, Indonesia saat ini tengah melawan pandemi virus corona Covid-19 yang menyebabkan krisis kesehatan dan ekonomi.

"Dengan rida Allah SWT, ujian dan tantangan ini akan dapat kita lalui bersama," ucap Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makna Hijrah Ma'ruf Amin

Sebelumnya, Wapres Ma'ruf Amin mengatakan di tengah pandemi Covid-19, momentum hijrah dapat dimaknai dengan beradaptasi terhadap kebiasaan baru untuk melakukan pola hidup lebih bersih dan sehat serta tetap produktif.

Dia berpesan agar umat Islam terus menebarkan benih kebajikan dan persatuan. Terutama dalam mewujudkan Indonesia yang maju, sehat dan sejahtera.

"Semoga di tahun yang baru ini kita dapat bekerja lebih baik dan meraih prestasi-prestasi untuk kemaslahatan masyarakat menuju hari esok yang lebih baik dan semoga perjuangan kita bersama dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini mendapat rida Allah Subhanahu wa ta'ala," tutur Ma'ruf Amin, Kamis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.