Sukses

Cerita Pelajar 6 SD Rayakan HUT RI di Puncak Hargo Dumilah Gunung Lawu

Pendakian yang memakan waktu kurang lebih 12 jam melalui Candi Cetho ini ditemani kabut yang cukup tebal dan cuaca yang cukup dingin.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara dilakukan untuk merayakan HUT ke-75 RI. Mulai pengibaran bendera merah putih di dasar laut hingga melakukan pendakian di gunung-gunung yang berada di sejumlah wilayah Indonesia.

Seperti yang dilakukan Fayyadh Qaishar Syafiq. Bocah pelajar SDIT Islamicity ini melakukan pendakian ke Puncak Hargo Dumilah Gunung Lawu Karang Anyar Jawa Tengah untuk merayakan HUT ke-75 RI. Pendakian yang memakan waktu kurang lebih 12 jam melalui Candi Cetho ini ditemani kabut yang cukup tebal dan cuaca yang cukup dingin.

Gunung yang mempunyai ketinggian mencapai 3265 MDPL (meter di atas permukaan laut) ini bisa di tempuh melalui beberapa jalur di antara Cemoro Kandang, Cemoros Sewo, Jogorowo dan Cetho ini, menerapkan protokol kesehatan untuk para pendaki. Mereka harus membawa masker, hand Sanitaizer, surat kesehatan bagi pendaki. Selain itu setiap harinya kuota pendaki juga dibatas hanya sekitar 350 orang di setiap posnya.

Dalam pendakian yang dimulai sejak pagi yakni pukul 06.00 WIB, Fayyadh mengaku senang karena bisa menjelajah alam di gunung yang terkenal 'mistis' tersebut.

"Ternyata Jalur lewat pos Cetho sangat indah pemandangannya dan penuh tantangan karena penuh tanjakan yang berliku dan cuaca yang dingin," ujar Fayyadh dalam keterangannya, Senin (17/8/2020).

Di atas puncak Hargo Dumilah, pelajar kelas 6 SD ini juga mengibarkan bendera merah putih sebagai bentuk syukur memperingati HUT RI ke-75. Ia berharap semua anak Indonesia bisa menikmati keindahan gunung-gunung yang ada di tanah air.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditempuh 10-12 Jam

Sementara itu, tim pendamping yang ikut menemani fayyadh, Febby Indrawan, mengatakan jalur Cetho dipilih karena pemandangan dan tantangan yang luar biasa. "Bisa ditempuh 10-12 jam, dengan tantangan cuaca dingin berkisar 10 drajat celcius dan pendakian yang cukup memakan waktu lama.

Seperti di ketahui, bocah 12 tahun ini juga pernah mendaki dan menjelajah ke berbagai wilayah. Di antaranya mendaki Gunung Ciremai, Gunung Gede, Gunung Kencana, Gunung Munara, Gunung Prau, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Puncak Lalana serta Gunung Batu.

Fayyadh juga pernah menjelajah ke Gunung Uludag di Turki dan Gunung Soreak di Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.