Sukses

Top 3 News: Upacara HUT ke-75 RI di Tengah Keterbatasan hingga Profil Paskibraka

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia atau HUT ke-75 RI tetap dilangsungkan di Lapangan Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 17 Agustus 2020.

Meski tengah menghadapi pandemi Corona Covid-19, upacara HUT ke-75 RI ini tetap digelar. Pihak Istana Negara sangat membatasi jumlah peserta yang mengikuti upacara tersebut.

Upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia sedianya dimulai pukul 10.00 WIB. Sedangkan upacara penurunan bendera sang Merah Putih akan berlangsung sore hari pukul 17.00 WIB.

Berita terpopuler lainnya adalah meski digelar secara terbatas, upacara HUT ke-75 RI tetap melibatkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka).

Anggota Paskibraka yang bertugas pada HUT ke-75 RI di Istana Negara Jakarta hanya berjumlah delapan orang. Tidak ada proses seleksi Paskibraka di semua tingkatan seperti yang selalu dilakukan pada tahun sebelumnya.

Delapan anggota Paskibraka HUT ke-75 RI yang bertugas di Istana telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kamis 13 Agustus 2020.

Adapun tiga anggota untuk upacara kenaikan bendera dan 3 anggota untuk upacara penurunan. Sisanya, 2 anggota cadangan.

Seluruh anggota Paskibraka berasal dari berbagai kota di penjuru Indonesia. Misalnya, Indrian Puspita Rahmadhani merupakan siswi SMAN 1 Biruen, Aceh. Ia pun didapuk menjadi pembawa baki pada upacara pengibaran bendera Merah Putih pada pagi hari.

Sementara itu, pembaca News Liputan6.com rupanya juga ingin mengetahui rangkuman berita dalam Metro Sepekan.

Salah satu berita yang menarik perhatian adalah soal kawasan Jalan Raya Serpong, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sempat menakutkan lantaran ada penembakan yang menembaki orang tak dikenal.

Para pelaku penembakan melakukan aksinya bahkan hingga 7 kali. Secara acak, mereka menembak orang yang melewati Jalan Raya Serpong, Serpong Utara, Kota Tangsel.

Tak butuh waktu lama, aparat kepolisian pun berhasil menangkap terduga pelaku penembakan misterius di kawasan tersebut. Saat tiba di Mapolres Tangerang Selatan (Tangsel), Senin malam, 10 Agustus 2020, para terduga pelaku penembakan misterius hanya tertunduk lesu.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Senin, 17 Agustus 2020:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Upacara HUT ke-75 RI di Tengah Keterbatasan Akibat Pandemi Covid-19

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia atau HUT ke-75 RI tetap dilangsungkan di Lapangan Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 17 Agustus 2020.

Upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia sedianya dimulai pukul 10.00 WIB. Upacara penurunan bendera sang Merah Putih akan berlangsung sore nanti pukul 17.00 WIB.

Meski begitu, pihak Istana Negara sangat membatasi jumlah peserta yang mengikuti HUT ke-75 RI tersebut. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka tetap dilibatkan.

"Kami merekrut kembali, memanfaatkan kembali adik-adik kita yang pada saat 2019 menjadi Paskibra kami pilih kembali. Sehingga untuk bisa tampil di 2020, bisa itu dari cadangan dan dari yang lain. Tentunya rekrutnya, tahap-tahapannya kita lalu sebagaimana aturan yang ditetapkan," tutur Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Kamis, 6 Agustus 2020 lalu.

Tak hanya itu, pihak Istana mengonfirmasi, bukan hanya jumlah peserta hadir dibatasi, namun juga petugas upacara.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Inilah Profil 8 Anggota Paskibraka HUT ke-75 RI di Istana

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang bertugas pada HUT ke-75 RI di Istana Negara Jakarta hari ini hanya berjumlah delapan orang. Tidak ada proses seleksi Paskibraka di semua tingkatan seperti yang selalu dilakukan pada tahun sebelumnya.

Delapan anggota Paskibraka HUT ke-75 RI yang bertugas di Istana telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kamis 13 Agustus 2020. Adapun tiga anggota untuk upacara kenaikan bendera dan 3 anggota untuk upacara penurunan. Sisanya, 2 anggota cadangan.

Delapan orang tersebut diambil dari anggota Paskibraka tahun 2019. Langkah itu diambil guna menghindari adanya kegiatan yang membutuhkan kontak fisik ketika proses seleksi mengingat situasi pandemi Covid-19.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Metro Sepekan: Penembakan Misterius Tangsel Terungkap hingga Penembak Bos Pelayaran

Kawasan Jalan Raya Serpong, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sempat menakutkan lantaran ada penembakan yang menembaki orang tak dikenal.

Para pelaku penembakan melakukan aksinya bahkan hingga 7 kali. Secara acak, mereka menembak orang yang melewati Jalan Raya Serpong, Serpong Utara, Kota Tangsel.

Tak butuh waktu lama, aparat kepolisian pun berhasil menangkap terduga pelaku penembakan misterius di kawasan tersebut.

Saat tiba di Mapolres Tangerang Selatan (Tangsel), Senin malam, 10 Agustus 2020, para terduga pelaku penembakan misterius hanya tertunduk lesu.

"Motif masih kita dalami, saat ini ketiga pelaku sudah diamankan,"tutur Kasatreskrim Polres Tangsel AKP Muharam.

 

Selengkapnya...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS