Sukses

1 Anggota KKB Tewas Saat Operasi TNI-Polri di Mimika Papua

Tim menuju Markas Kalikopi dan melumpuhkan satu anggota KKB yang diduga kuat Hengki Wanmang.

Liputan6.com, Jakarta - Satgas gabungan TNI-Polri melakukan operasi penindakan terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Makodap III Timika di Markas Kali Kopi, Kabupaten Mimika, Papua, pada Minggu 16 Agustus 2020. Satu anggota KKB atas nama Hengki Manwang (31) meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menyampaikan, awalnya pada Kamis 13 Agustus 2020, tim gabungan TNI Polri melakukan penyelidikan ke Markas KKB Kali Kopi. Pasukan dibagi menjadi tiga kelompok untuk tiga sasaran.

"Markas Kali Kopi Baru dan Lama, serta Markas Baru Amoko," tutur Kamal dalam keterangannya, Senin (17/8/2020).

Menurut Kamal, masuk hari Minggu 16 Agustus 2020 pukul 06.00 WIT, tim menuju Markas Kalikopi dan melumpuhkan satu anggota KKB yang diduga kuat Hengki Wanmang. Petugas kemudian melakukan penyisiran di sekitaran TKP.

"Satgas menemukan sejumlah barang bukti dan selanjutnya diamankan ke Mako Brimob Den B Mimika," kata Kamal.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senpi dan Peluru

Adapun barang bukti yang diamankan yakni sejumlah uang hingga tiga pucuk senjata api dengan ratusan butir peluru. Sejak meninggalnya Theni Kwalik Panglima Makodam III Kalikopi tahun 2018, Hengky Wanmang bersama Joni Botak diketahui mengambil peran sebagai pimpinan KKB Kalikopi, sebelum ada pengganti panglima yang baru.

"Personil gabungan TNI Polri akan terus melakukan penindakan terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata yang mengganggu stabilitas keamanan di Papua," Kamal menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.