Sukses

Pidato di Sidang Tahunan MPR, Puan Maharani Akan Dorong Pemerintah Percepat Penanganan Covid-19

Puan mengatakan, tak hanya DPR, semua pihak berharap pemerintah bisa bertindak secara efektif, sigap, dan terpadu dalam penanganan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani akan berpidato pada Sidang Tahunan MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Jumat (14/8/2020).

Dalam Sidang Tahunan ini, DPR menjadi tuan rumah dan Puan Maharani akan kembali mendorong pemerintah tingkatkan penanganan pandemi Covid-19.

Dalam pidatonya nanti, Puan mengaku akan mendorong pemerintah meningkatkan penanganan covid-19 yang hingga saat ini angka kasusnya terus meningkat. 

"DPR sangat fokus mendorong pemerintah meningkatkan penanganan Covid-19 dan dampaknya. Kami sampaikan ini sebagai bagian dari fungsi pengawasan yang dimiliki DPR," kata Puan, melalui pernyataan tertulis, Jumat pagi (13/8/2020). 

Puan mengatakan, tak hanya DPR, semua pihak berharap pemerintah bisa bertindak secara efektif, sigap, dan terpadu untuk memperkuat penanganan di bidang kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi, serta pelayanan publik. 

Bukan kali ini saja Puan memberi catatan terkait upaya pemerintah menangani penyebaran dan dampak pandemi Covid-19 di Indonesia. Saat menutup masa sidang IV DPR tahun 2019-2020 pada pertengahan Juli lalu, Puan juga menyampaikan hal serupa dan meminta pemerintah mempercepat penyerapan anggaran untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

"Melalui fungsi pengawasan AKD DPR RI, terdapat berbagai catatan yang perlu mendapatkan perhatian pemerintah agar meningkatkan kinerja penanganan Covid-19 dan dampaknya. Catatan-catatan tersebut antara lain mempercepat efektivitas penyerapan anggaran penanganan Covid-19, khususnya di bidang kesehatan, perlindungan sosial, dukungan sektoral pemda, serta dukungan UMKM," ujar Puan ketika itu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlangsung hingga Sore

Adapun agenda Sidang Tahunan MPR kali ini digelar bersamaan dengan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI serta pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam menyampaikan RAPBN 2021. Sidang akan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19.

Rencananya, Sidang Tahunan MPR RI akan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Acara akan dilanjutkan dengan pembukaan Sidang Tahunan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD RI yang dibuka oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Keseluruhan agenda sidang ini dijadwalkan berlangsung hingga pukul 11.00 WIB dan kemudian akan dilanjutkan dengan pidato nota keuangan pemerintah dalam rangka RAPBN 2021 pada pukul 14.00-16.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.