Sukses

Ipang Wahid: Hasyim Wahid, Sosok Genius dan Tokoh Pergerakan Anak Muda NU

Liputan6.com, Jakarta - Adik Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yaitu Hasyim Wahid (Gus Im) meninggal dunia pada Sabtu (1/8/2020) pukul 04.18 WIB. Keluarga besar dari Hasyim Wahid pun berduka.

Seperti disampaikan oleh keponakannya Irfan Wahid, putra dari almarhum Salahuddin Wahid (Gus Sholah), melalui akun media sosialnya.

"Pagi ini Paklik kami, KH Hasyim Wahid bin KH Wahid Hasyim berpulang. Om Iim, begitu kami menyapanya, adalah adik terkecil dari Ayah saya," kata Irfan yang biasa disapa Ipang ini di instagramnya.

"Sosok genius dan tokoh pergerakan anak anak muda NU," kata dia.

Rencananya, jenazah Hasyim Wahid akan disemayamkan di Pesantren Ciganjur, lalu dibawa ke Denanyar, Jombang untuk dimakamkan di sana.

"Selamat jalan Om. Salam kangen buat Papa, Pak Dur, Bu Puh, Eyang dan semua yang sudah mendahului. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu," kata Ipang.

 

2 dari 3 halaman

Wafat Sabtu Pagi

Adik Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yaitu Hasyim Wahid meninggal dunia. Hasyim Wahid yang akrab disapa Gus Im ini mengembuskan napas terakhir pada Sabtu (1/8/2020).

Kabar duka ini disampaikan mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melalui akun twitter resminya.

"MOHON DOA: Innalillahi wainnailaihi roji'un. Telah wafat Hasyim Wahid (Gus Iim) bin Abdul Wahid Hasyim pada: Sabtu, 1 Agustus 2020 Pukul 04.18 WIB. Lahu al-faatihah..," tulis Lukman, Sabtu.

Kabar wafatnya Hasyim Wahid juga dibenarkan oleh Ketua GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Adik Gus Dur tersebut meninggal di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta pada pagi tadi.

"Subuh tadi di RS Mayapada. Siang nanti akan disalatkan di Ciganjur," kata dia.

Yaqut mengatakan, rencananya Gus Im dimakamkan di Jombang, Jawa Timur.

Kabar meninggalnya Gus Im juga disampaikan putra almarhum Gus Sholah, Irfan Wahid melalui akun twitternya @ipangwahid.

"إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Telah berpulang KH. Hasyim Wahid bin KH. Wahid Hasyim (Gus Im) pada hari Sabtu pukul 04.18 WIB.

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhuJenazah rencana akan disemayamkan di Ciganjur & dimakamkan di Denanyar, Jombang," tulis dia.

Dikutip dari wikipedia, Hasyim Wahid memiliki pengalaman di bidang pemerintahan sebagai salah satu pejabat di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Dia juga pernah menjadi salah satu anggota dan pengurus dari PDI Perjuangan dan anggota YKPK (Yayasan Keluarga Pembina Kesatuan).

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: