Sukses

Permudah Sekolah Daring, Anies Akan Gandeng Kerja Sama dengan Provider Jaringan Internet

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan pihaknya berencana bekerja sama dengan provider jaringan internet untuk menyediakan paket data khusus pembelajaran sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan pihaknya berencana bekerja sama dengan provider jaringan internet untuk menyediakan paket data khusus untuk pembelajaran sekolah.

Dia mengatakan paket internet hingga pulsa masih menjadi kendala masyarakat Jakarta yang saat ini masih melaksanakan sekolah daring.

"Sedang proses pembahasan dan bentar lagi final dengan provider untuk memberikan paket khusus untuk pembelajaran. Sehingga anak-anak kita bisa belajar tanpa jadi beban ekstra untuk keluarga. Itu sedang kami bicarakan," kata Anies Baswedan dalam video YouTube Rakyat Merdeka TV yang dikutip Liputan6.com, Selasa (28/7/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku belum dapat menjelaskan secara detail dari konsep kerjasama dengan pihak provider tersebut.

"Kalau sudah final format kerja samanya akan saya sampaikan. Bahwa beban keluarga cukup tinggi bila tidak ada paket khusus untuk pembelajaran," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajaran Baru Secara Daring

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan tahun ajaran baru 2020-2021 yang dimulai pada 13 Juli 2020 masih dilakukan secara daring.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, di masa PSBB transisi fase 1 perpanjangan, sekolah belum diperkenankan dibuka.

"Terkait rencana pembukaan sekolah sebagaimana sudah disampaikan Pak Gubernur, Disdik, bahwa di fase satu perpanjangan ini kita belum memperkenankan sekolah-sekolah dibuka. Kita masih mengkhawatirkan anak-anak kita terpapar Corona," kata Riza di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jumat (10/7/2020).

Kegiatan sekolah secara daring di DKI Jakarta masih berlaku untuk seluruh tingkatan, mulai dari TK, SD, SMP sampai SMA dan sederajat. Kemudian perkenalan siswa yang baru masuk sekolah di tahun ajaran 2020-2021 juga dilaksanakan secara daring.

"Yang ada tanggal 13 dimulainya tahun ajaran baru 2020-2021 nanti dilakukan perkenalan siswa secara jarak jauh atau daring," kata Riza seperti dikutip Antara.

Keputusan Pemprov DKI tersebut diambil atas masukan dari berbagai pihak dengan diskusi para pakar, ahli, guru dan orangtua demi upaya memutus penyebaran Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.