Sukses

Jokowi: Perwira TNI-Polri Kuasai Teknologi dan Lincah Hadapi Perubahan

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan perwira TNI-Polri agar mengikuti perkembangan zaman dan menguasai teknologi. Hal ini disampaikan Jokowi saat melantik perwira TNI-Polri di Istana Negara Jakarta, Selasa (14/7/2020).

"Saudara-saudara harus mengikuti dan mengejar perkembangan zaman, saudara-saudara harus menjadi bagian dari kualitas SDM Indonesia yang hebat, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, yang lincah dan inovatif dalam menghadapi perubahan," ujar Jokowi.

Menurut dia, dunia berubah dengan begitu cepatnya, di mana disrupsi terjadi di semua sektor kehidupan. Selain itu, revolusi industri jilid ke-4 semakin mendorong perubahan supercepat tersebut.

Hal itu membuat dunia akan diwarnai dengan hyper kompetisi atau persaingan yang ketat. Antarnegara bersaing menguasai pengetahuan dan teknologi, termasuk dalam industrialisasi.

"Teknologi militer juga berkembang dengan cepat, teknologi militer terkini telah memanfaatkan kecerdasan buatan, automeasure, augmented reality, dan teknologi siber telah jauh berkembang," jelas dia.

"Masih banyak lagi perkembangan teknologi yang mengagumkan yang saudara-saudara harus menjadi bagian untuk mengendalikan dan mengembangkannya," sambung Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Kejahatan Bakal Makin Berat

Jokowi juga mengingatkan perwira kepolisian, ke depannya tantangan kejahatan akan semakin berat. Hal tersebut dikarenakan teknologi yang semakin canggih dan bersifat lintas negara.

"Kejahatan yang menggunakan teknologi sangat canggih dan kejahatan siber lintas negara memerlukan kemampuan antisipasi dan mitigasi yang lebih baik. Karena itu saudara-saudara harus mengikuti dan mengejar perkembangan zaman," tutur Jokowi.

Pelantikan perwira TNI-Polri setiap tahunnya digelar di Halaman Istana Merdeka Jakarta. Namun dikarenakan pandemi virus corona (Covid-19), pelantikan kali ini tidak digelar virtual dam hanya dihadiri langsung oleh peraih Adhi Makayasa.

Setidaknya, ada 750 perwira TNI-Polri yang berhasil menyelesaikan pendidikannya. Komposisinya antara lain, 254 Akademi Militer, 98 Akademi Angkatan Laut, 106 Akademi Angkatan Udara, dan 293 Akademi Kepolisian.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: