Sukses

Banyak Obat Tradisional Klaim Dapat Mengobati Covid-19, Manjurkah?

Ketua Umum PDPOTJI, dr Inggrid Tania ikut menyoroti berbagi macam obat, jamu maupun herbal yang diklaim bisa menyembuhkan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr Inggrid Tania ikut menyoroti berbagi macam obat, jamu maupun herbal yang diklaim bisa menyembuhkan Covid-19. Menurutnya, belum ada uji klinik bahwa hal itu bisa menyembuhkan corona.

"Kita sudah lihat sejak awal pandemi Covid-19 ini di Indonesia tidak hanya obat tetapi ada banyak sekali obat tradisional jamu, herbal yang mengklaim bahwa dapat mengobati Covid-19 tanpa ada penelitian satupun dan ini sangat menghebohkan di masyarakat," dia dalam diskusi virtual, Minggu (28/6/2020).

Inggrid tak menampik ada pihak yang mencari keuntungan soal obat yang diklaim bisa menyembuhkan covid. Para pihak itu pun dengan mudahnya menilai obat itu bisa mengobati corona hanya berdasarkan testimoni.

"Kita lihat juga banyaknya fenomena banyaknya endorser dari kalangan orang berpenguasa atau berpengaruh di kita terhadapa suatu obat, obat tradisional maupun jamu yang di berbagai media dia mengklaim mengatakan suatu jamu ini bisa memyembuhkan Covid-19, ini jadi masalah," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uji Klinik

Inggrid menambahkan, saat ini PDPOTJI tengah melakukan uji klinik bersama LIPI, Balitbangkes, PDPI dan Kimia Farma dengan dibantu dukungan teknis BPOM terkait obat yang bisa menyembuhkan Covid-19 tersebut.

"Kami sedang melaksanakan uji klinik saat ini sedang berlangsung tapi persiapannya sangat memakan waktu," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.