Sukses

Polisi Tangkap Penjambret saat Macet di Jalan Hayam Wuruk Jakbar

Diketahui, kedua tersangka sebelum melakukan aksinya, sudah berputar 10 kali untuk membaca situasi dan mencari target penjambretan mereka.

Liputan6.com, Jakarta Polres Metro Jakarta Barat membekuk dua pelaku penjambretan di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat yang sempat terekam kamera warga.

Aksi penjambretan tersebut sempat viral pada 15 Juni 2020 lalu. Sementara, korban baru melapor pada 16 Juni kemarin.

"(Rabu 17 Juni) dini hari ditangkap. Pelaku bersembunyi di daerah Jakpus. Dua pelaku ini salah satu jokinya bekerja sebagai pengemudi ojek di wilayah tersebut. Sehingga mengetahui jalur dan karakteristik wilayah," kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat, Kombes Tengku Arsyah, Kamis (18/6/2020).

Arsyah menyebut, dari video terlihat pelaku menggunakan motor beat warna hitam dan mengambil gawai pengendara truk yang berhenti karena kemacetan.

Diketahui, kedua tersangka sebelum melakukan aksinya, sudah berputar 10 kali untuk membaca situasi dan mencari target penjambretan mereka.

"Memang pada saat itu terlihat ada kelengahan korban juga. Pada saat menggunakan telepon, korban membuka kacanya di tengah kemacetan sehingga korban tak memungkinkan mengejar pelaku," katanya.

Dikatakan Arsyah, pelaku memang sudah sering melakukan tindak pidana penjambretan. Untuk lokasi operasinya, kata dia mereka sering berpindah-pindah di beberapa lokasi di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Timur.

"Mereka selalu melakukan berdua dan melakukan tindakan itu di jam macet. Karena mereka menilai, korban mengejar mereka kecil," ujarnya.

Sementara itu, barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu buah helm abu-abu merek Ink yang terekam dalam video yang sempat viral. Kemudian helm hitam Yamaha, sepatu, sendal, sweter dan ponsel korban.

Polisi pun mengimbau agar warga berhati-hati saat berkendara, utamanya kala terjebak macet di jalan.

"Para pengendara diimbau untuk tidak menggunakan hp saat menunggu antrean," tandas Arsyah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Video Sempat Viral

Sebelumnya, komplotan jambret yang tengah beraksi di wilayah Jakarta ini terekam kamera warga. Pelaku menyasar seorang pengendara yang tengah melintas di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Detik-detik pelaku merampas sebuah telepon genggam diabadikan oleh pengendara lain. Rekaman video berdurasi 12 detik itu viral di media sosial. Salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @ndorobeii.

Dalam rekaman terlihat dua pengendara sepeda motor matic yang tengah berboncengan melaju di jalur bus Transjakarta. Kedua pengendara mengenakan sweater, celana jeans dan helm full face.

Tiba-tiba sepeda motor tersebut berhenti di pinggir jalan. Salah seorang di antaranya langsung turun mendekati sebuah kendaraan mobil boks.

Pria itu kemudian langsung lari membawa sesuatu yang diduga adalah telepon genggam. Usai melancarkan aksinya, kedua pelaku langsung tancap gas.

Saat itu, pihak kepolisian pun turun tangan dan tengah menyelidiki kebenaran isi video tersebut. Berdasarkan keterangan di Instagram @ndorobeii, peristiwa itu terjadi hari ini, Senin, 15 Juni 2020.

"Sedang kami lidik," singkat Kanit Kriminal Umum Polres Metro Jakarta Barat Iptu Dimitri Mahendra saat dikonfirmasi, Senin, 15 Juni kemarin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.