Sukses

Siap Buka, Mal di Jakarta Siapkan Berbagai Sarana Protokol Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Pusat perbelanjaan atau mal telah diizinkan kembali beroperasi saat pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi. Rencananya, sebanyak 80 mal di wilayah Jakarta pada hari ini, Senin (15/6/2020), akan mulai dibuka.

Salah satunya yang beroperasi hari ini adalah mal Kota Kasablanka, yang memulai kembali operasionalnya dengan penyesuaian, yakni pukul 11.00-20.00 WIB.

Direktur Kota Kasablanka, Lusiana mengatakan, pihaknya akan menerapkan berbagai protokol kesehatan dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. "Kota Kasablanka merupakan kawasan wajib masker," tutur Lusiana dalam keterangannya.

Selain itu, kata dia, seluruh peraturan physical distancing ini telah disosialisasikan kepada karyawan internal maupun toko, dan akan terus disosialisasikan kepada pengunjung. Ragam papan petunjuk juga telah disebar di berbagai lokasi di area mal.

Guna meminimalisir kontak langsung, Lusiana menyebut, pihaknya menyediakan contactless button dalam penggunaan lift dan mesin karcis parkir. Sehingga pengunjung tidak perlu lagi memencet tombol menggunakan tangan.

"Hal lain yang termasuk ke dalam new normal di Kota Kasablanka adalah sistem one-way corridor yang akan diberlakukan jika mal dalam keadaan ramai. Hal ini bertujuan untuk mengatur arus pengunjung sehingga mengantisipasi adanya penumpukan di titik tertentu," tutur Lusiana.

2 dari 3 halaman

Hal Wajib Bagi Karyawan Toko

Selain itu, karyawan toko juga terus diimbau untuk mengenakan perlengkapan yang aman, yaitu face shield dan hand gloves khususnya bagi karyawan toko yang melakukan kontak langsung dengan customer, seperti kasir dan pelayan toko.

"Kami merasa senang dapat kembali menyambut pengunjung setia kami, tentunya pembukaan kembali Kota Kasablanka merupakan hasil kerjasama seluruh pihak yang senantiasa menaati peraturan. Penyesuaian dan protokol kesehatan tentunya akan diterapkan di lingkungan Kota Kasablanka, kami berharap pengunjung dapat menyambut positif hal ini guna menciptakan suasana belanja nyaman bagi kita semua," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: