Sukses

80 Mal Buka Kembali Hari Ini, Anies: Gym hingga Bioskop Belum Beroperasi

Liputan6.com, Jakarta - Pusat perbelanjaan atau mal telah diizinkan kembali beroperasi saat pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi. Rencananya, sebanyak 80 mal di wilayah Jakarta pada hari ini, Senin (15/6/2020), akan mulai buka kembali.

Izin tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 131 Tahun 2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 di Sektor Usaha Pariwisata dimulai secara bertahap.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, tidak semua kegiatan di pusat perbelanjaan atau mal akan ikut beroperasi. Salah satunya yakni tempat bermain anak di mal belum dapat beroperasi kembali.

"Tempat kebugaran atau tempat fitnes center juga belum boleh. Bioskop juga belum," kata Anies berdasarkan rekaman dari Humas Pemprov DKI Jakarta, Kamis 11 Juni 2020 lalu.

Kemudian, sejumlah kegiatan untuk pameran, pagelaran hingga resepsi pernikahan juba belum dapat dilakukan. Kendati begitu, Anies mengimbau agar pengelola pusat perbelanjaan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga menyatakan terdapat 80 pusat perbelanjaan di Jakarta yang direncanakan mulai beroperasi pekan depan.

"Bila tidak harus bepergian maka di rumah saja. Tapi bila akan bepergian pastikan nomor satu sehat, tidak bugar tetap di rumah karena beresiko buat anda dan bagi yang lainnya," ucapnya.

Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat memastikan 80 mal yang siap beroperasi lagi dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

Ellen menyatakan, saat ini, pihaknya tengah menyempurnakan peralatan touchless untuk lebih menjamin keamanan dan higienitas pengunjung yang bertandang ke mal.

"Semua mal dibuka. Sebagian mal memang menyempurnakan peralatan dengan touchless untuk meningkatkan terhindarnya bersentuhan dan juga agar pengunjung lebih yakin dan berani ke mall," kata Ellen saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (14/6/2020).

Protokol kesehatan yang dimaksud mulai pemakaian masker, jarak antre 1 meter dengan pengunjung lainnya, cek suhu tubuh di bawah 37,5 derajat. Kemudian untuk lift maksimum enam orang, hingga pembayaran yang diusahakan cashless.

 

2 dari 3 halaman

Mal yang Akan Buka

Sejumlah mal yang akan beroperasi pada Senin (15/6/2020) yaitu FX Sudirman, Gajah Mada Plaza, Grand Indonesia, Mangga Dua Square, Plaza Atrium, Plaza Senayan, dan Senayan City di kawasan Jakarta Pusat.

Kemudian ada Blok M Square, Epiwalk, Gandaria City, Kota Kasablanka, Kuningan City sampai Lippo Mall Kemang. Lalu Central Park Neo Soho, Lippo Mall Puri, Mal Ciputra Jakarta, Mal Taman Anggrek, hingga Season City.

Selain itu ada pula Arion Mall, Buaran Plaza, Cibubur Junction, Tamini Square, Lippo Plaza Kramat Jati, hingga Pusat Grosir Cililitan (PGC). Dan di Jakarta Utara meliputi Baywalk Mall, Emporium Pluit Mall, Mall of Indonesia, PIK Avenue, Mahaka Square, hingga Summarecon Mall Kelapa Gading.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: