Sukses

Wacana New Normal Menguat, Ketua MPR Minta Pemerintah Perpanjang PSBB

Liputan6.com, Jakarta Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo menyebut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengakui belum bisa mengendalikan penyebaran Covid-19 di seluruh provinsi yang terinfeksi.

Oleh karena itu, Bamsoet menyarankan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah memperpanjang dan tidak melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Mengingat penambahan kasus di Indonesia masih fluktuatif, sehingga jika dipaksakan bisa menimbulkan korban yang jauh lebih besar atau lonjakan kasus Covid-19,” kata Bamsoet si Jakarta, Rabu (2/6/2020).

Bamsoet juga mendorong pemerintah memperkuat fondasi penanganan Covid-19, seperti meningkatkan kemampuan petugas yang menangani pasien terinfeksi Covid-19, dan memberi jaminan kesehatan dan keselamatan serta kecukupan APD berkualitas.

"Mendorong pemerintah pusat dan daerah menyusun secara sistematis kebijakan edukasi sosial bahaya Covid-19, tanpa menimbulkan keresahan dan kepanikan masyarakat, dengan tujuan menyiapkan masyarakat menghadapi bahaya Covid-19 secara cerdas dan bijak,” terang dia.

Politikus Golkar itu meminta pemerintah daerah memperhatikan tempat-tempat umum dan wisata yang akan dibuka pada saat new normal nanti.

"Wajib memastikan seluruh aktivitas yang dilakukan di tempat tersebut sesuai dengan standar protokol covid-19 untuk tatanan gaya hidup baru,” ucap dia.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: