Sukses

Jokowi: Indeks Penularan Covid-19 di DKI Jakarta Sudah di Bawah 1

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut tren R0 atau indeks penularan virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta sudah menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut tren R0 atau indeks penularan virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta sudah menurun. Berdasarkan data yang diterimanya, R0 di DKI Jakarta sudah dibawah satu.

"Saya melihat data tadi pagi tren untuk R0 atau RT DKI Jakarta sudah dibawah 1," ujar Jokowi saat memimpim rapat terbatas melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

R0 adalah indeks penularan virus corona. Jika R0 kurang dari satu, maka rata-rata orang yang terinfeksi akan menularkan kurang dari 1 orang. Sebaliknya, apabila R0 diatas satu maka masih ada penyebaran virus corona.

Untuk itu, Jokowi meminta agar R0 di DKI Jakarta dapat terus ditekan. Dia berharap kurva penyebaran virus corona di Jakarta dapat terus menurun.

"Sehingga ini harus kita tekan agar lebih menurun lagi," ucapnya.

Seperti diketahui, pemerintah berencana menerapan new normal atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Meski begitu, Jokowi menekankan bahwa new normal akan diterapkan di provinsi dan kabupaten/kota yang indeks penularan virus corona (R0) dibawah satu.

"Nanti juga akan kita mulai untuk tatanan baru ini kita coba di beberapa provinsi kabupaten dan kota yang memiliki R0 di bawah satu," jelas Jokowi, Rabu. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerahkan Pasukan TNI dan Polri

Jokowi sendiri telah mengerahkan pasukan TNI-Polri di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota untuk persiapan new normal. Aparat keamanan itu akan mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Dia menjelaskan penerapan kebijakan new normal di suatu daerah bergantung pada R0 dan RT yang sudah menurun. Jika penerapan new normal di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota tersebut efektif, maka akan diperluas ke daerah-daerah lainnya.

"Persiapan pelaksanaan tatanan normal baru yang akan kita lihat dari angka-angka dan fakta-fakta di lapangan utamanya yang berkaitan dengan R0 dan Rt," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • virus corona