Sukses

Cerita Artis Choky Sitohang Perangi Covid-19

Sebagai presenter dan public figure, Choky juga melakukan upaya-upaya mencegah penularan virus Corona. Dia bekerja dari rumah selama kurang lebih dua bulan.

Liputan6.com, Jakarta Public figure menjadi sosok penting dalam memberikan dukungan untuk memerangi pandemi Covid-19. Memiliki reputasi serta prestasi yang baik membuat mereka akan lebih didengar dan oleh masyarakat melalui kampanye atau kegiatan positif lainnya.

"Bagaimana seorang pesohor itu ketika menyampaikan sesuatu itu berpengaruh secara psikologi, karena masyarakat merasa mengenal dia dari karya-karyanya," ujar presenter dan artis Choky Sitohang melalui keterangan pers daring di BNPB, Sabtu (16/5/2020).

Sebagai presenter dan public figure, Choky juga melakukan upaya-upaya mencegah penularan virus Corona. Dia bekerja dari rumah selama kurang lebih dua bulan.

Namun, dia menganggap semua ini bisa disesuaikan dengan pola hidup baru, sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk memerangi pandemi Covid-19.

"Kegiatan utama semua dimulai dari rumah. Benar-benar semua dari rumah. Tentu ini ada kerugian dari sisi kami. Ini semua adalah risiko yang memang bukan hanya kami saja yang hadapi. Saya yakin kita semua juga menghadapi hal yang sama. Tetapi apa yang menjadi anjuran pemerintah adalah yang terbaik bagi kami," ujar Choky.

Sejalan dengan Choky, artis muda dan berbakat Olivia Zalianty juga melihat kehadiran public figure sangat berperan dalam memberikan contoh upaya gotong-royong dengan berbagai kegiatan seperti kesenian hingga penggalangan dana. Sebab, dalam menghadapi musibah pandemi ini memang harus dilakukan bersama-sama.

"Musibah ini membangkitkan semangat gotong-royong kita. Mungkin pemerintah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, justru hal itu juga membangkitkan bahwa ini saatnya kita menunjukkan kita bisa bergotong-royong dengan skala besar," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Galang Dana

Dalam kesempatan yang sama, artis Marcella Zalianty juga merasakan bahwa pandemi Covid-19 juga berdampak pada kegiatan rumah produksi dan memaksa para pekerja seni tidak dapat melakukan aktivitas sehingga tidak dapat mendapatkan penghasilan. 

Oleh sebab itu, dia bersama Persatuan Artis Film Indonesia melakukan penggalangan dana untuk sektor seni yang terkena dampak pandemi.

"Kita menggalang dana dari kita untuk kita dan kita alhamdullilah sudah dua minggu lalu sudah didistribusikan bantuan kepada 250 pekerja film, dan sekarang quarter kedua kita melanjutkan bekerja sama dengan Kitabisa.com kita bikin lelang barang artis yang mana hasilnya akan kita donasikan pekerja seni lebih luas lagi. Kita juga melakukan kegiatan berbagi kasih melalui konser amal," jelas Marcella.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.