Sukses

Kementerian Ristek Berhasil Kembangkan Alkes Covid-19, Jokowi Minta Mulai Diproduksi Akhir Mei

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional berhasil mengembangkan alat tes untuk mendeteksi virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional berhasil mengembangkan alat tes untuk mendeteksi virus corona. Jokowi meminta inovasi-inovasi tersebut mulai diproduksi secara massal.

"Saya juga menerima laporan dari Kementerian Ristek dan BRIN yang telah berhasil mengembangkan PCR test kit, non PCR diagnostic test, dan juga ventilator, serta Mobile BSL 2," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Senin (11/5/2020).

Menurut dia, alat-alat tes kesehatan tersebut harus segera diproduksi dalam negeri untuk mempercepat tes spesimen corona. Dengan begitu, maka Indonesia tidak akan bergantung lagi kepada produk-produk impor negara lain.

"Kita harapkan nanti paling tidak akhir Mei atau awal Juni ini sudah bisa kita produksi," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uji Klinis Plasma Darah

Selain itu, dia menyebut bahwa terdapat kemajuan yang signifikan dalam pengujian plasma darah. Jokowi menuturkan recananya plasma tersebut akan dilakukan uji klinis berskala besar di beberapa rumah sakit.

"Juga stem cell untuk menggantikan jaringan paru yang rusak," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • virus corona