Sukses

PPNI Minta Perawat Jaga Stamina Saat Bertugas Melawan Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah korban corona covid-19 terus bertambah. Data pemerintah menyebutkan per hari ini, Sabtu (11/4/2020) jumlah pasien positif mencapai 3.842 kasus. Sedangkan yang meninggal dunia mencapai 327 orang.

Tim medis yang berada di garda terdepan melawan corona covid-19 ini pun juga tak lepas dari keganasan virus ini. Banyak dari mereka, baik dokter mupun perawat, yang meninggal dunia ataupun terinfeksi virus tersebut.

Menanggapi banyak kasus tersebut, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah menyerukan seluruh perawat untuk tetap bekerja secara profesional, sesuai standar profesi, kode etik keperawatan dan sumpah profesi.

Perawat, kata Harif, harus selalu menjaga kebersihan, kesehatan dan stamina dalam menjalankan tugas atau praktik, termasuk menghindari stres. Selain itu, meminimalkan kontak langsung dengan pasien, kecuali untuk melaksanakan tindakan yang sangat diperlukan dalam perawatan atau kondisi gawat darurat.

"Prioritaskan penggunaan teknologi jika tersedia," terang Harif dalam keterangannya, Sabtu (11/4/2020).

Setiap melayani pasien/klien, jelasnya, perawat harus selalu menggunakan alat pelengkap diri (APD) sesuai dengan standar operational prosedure (SOP) atau pedoman pemakaian APD dalam penanganan COVID-19.

"Perawat adalah benteng terakhir dalam penanganan wabah covid-19, dan kelangsungan bangsa ini sangat tergantung juga dengan perawat. Maka kuatkan pertahanan kita dalam bersatu melawan COVID-19," tegas Harif.

 

2 dari 3 halaman

Imbauan untuk Perawat

Berikut imbauan bagi perawat dan relawan perawat yang khusus menangani pasien COVID-19, di antaranya adalah :

a. Pastikan kondisi badan sehat dalam melayani pasien/klien.

b. Selalu update informasi dan pengetahuan tentang penanganan pasien covid dan pencegahan penularan covid-19, membaca SOP di unit kerja sebelum melakukan pelayanan.

c. Disiplin dalam menggunakan APD sesuai Pedoman pemakaian APD dalam dalam penanganan covid-19.

d. Selalu berpikir positif dalam setiap kondisi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: