Sukses

Kemendikbudristek Gelar Karnaval Merdeka Belajar 2023 di Yogyakarta, Bentuk Budaya dan Pendidikan Sinergi Majukan Peradaban

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Karnaval Merdeka Belajar 2023 di sepanjang ruas jalan titik 0 kilometer Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang ruas jalan titik 0 kilometer Yogyakarta nampak semarak dan berkilauan pada Minggu malam (28/5/2023) karena adanya Karnaval Merdeka Belajar 2023.

Karnaval Merdeka Belajar 2023 diisi dengan segala pentas seni budaya seperti tarian dan video mapping, yang dipadukan dengan penataan cahaya serta perangkat teknologi oleh ratusan pelaku seni, budayawan, pegiat pendidikan, maupun pelajar.

Koreografer lokal yang menjadi bagian dari karnaval Anter Asmorotedjo mengatakaan, dengan didengungkannya program MErdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), menjadi semangat dan motivasi baru dalam dunia pendidikan nasional.

"Oleh sebab itu, Karnaval Merdeka Belajar 2023 optimis dapat memberikan banyak inspirasi kepada masyarakat tentang makna merdeka belajar tersebut," ujar Anter melalui keterangan tertulis, Minggu (28/5/2023).

"Apalagi kebetulan acaranya di Yogyakarta sebagai kota pusat pendidikan, pasti banyak orang yang melihat dan akan termotivasi dari melihat pertunjukan seni budaya ditampilkan," sambung dia.

Dia menjelaskan, konsep koreografi yang dipentaskan menggambarkan era perjalanan masa pendidikan sejak masa kuno hingga saat ini, khususnya di Indonesia, dengan mengkaitkan program merdeka belajar.

"Acara ini diharapkan dapat berkesan dan menginspirasi kepada banyak orang. Dapat mengenal lebih jauh tentang budaya dan belajar di Indonesia," ucap Anter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Untuk Edukasi Publik soal Seni Budaya

Sementara itu, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra menuturkan, penyelenggaraan Karnaval Merdeka Belajar 2023 akan mengedukasi publik bahwa seni budaya ikut mendorong kemajuan pendidikan Tanah Air.

Menurut dia, dari budaya, pendidikan terus dapat berkelanjutan sebab menyemangati masyarakat tidak berhenti berkreasi pada setiap zamannya.

"Kita punya kekayaan budaya yang sangat luar biasa, terdapat beragam makna yang relevan dengan keadaan sekarang dan masa depan dalam memicu praktik baik di masyarakat," ucap Mahendra.

Mahendra juga menjelaskan bahwa Karnaval ini merupakan kolaborasi dari ratusan pelaku seni dan budaya, pelaku pendidikan dan pelajar maupun, hingga pelaku di belakang layar seperti penata acara dan tim multimedia.

Pada karnaval ini mempertontonkan bagaimana keberagaman dapat sejalan menjadi semangat kolaborasi.

"Kita sangat mengapresiasi komunitas dan pelaku budaya dan seni yang mempunyai visi, misi, dan tak berhenti berjuang memajukan kekayaan daerahnya. Mereka memproduksi dan mendistribusikan literasi media melalui kegiatan kreatif, mengorganisir kolaborasi antara profesional dan warga, lalu membangun kesadaran kebudayaan tingkat lokal," tutup Mahendra.

 

3 dari 3 halaman

Pelaksanaan Karnaval Merdeka Belajar 2023

Sebagai informasi, pelaksanaan Karnaval Merdeka Belajar 2023 yang dimulai dari titik O kilometer Yogyakarta menunjukkan simbol wajah silang budaya Nusantara sekaligus lokasi pertama kota pendidikan di Indonesia.

Karnaval Merdeka Belajar 2023 yang menjadi bagian dari puncak perayaan Hari Pendidikan Nasional 2023 ditujukan menjadi ajang kebersamaan di ruang publik guna mengembangkan kemandirian anak bangsa dengan cara memamerkan segala kreativitas.

Melalui Karnaval Merdeka Belajar 2023 diharapkan tumbuh talenta muda potensial sekaligus metode edukasi kepada masyarakat melalui pentas seni budaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.